Pages

Thursday, October 4, 2018

Istri Najib Disebut Berupaya Pengaruhi Keterangan Saksi

Jakarta, CNN Indonesia -- Jaksa penuntut mengatakan bahwa Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri MalaysiaNajib Razak, mendekati seorang saksi kasusnya agar memberikan pernyataan yang menguntungkan.

Gopal Sri Ram selaku jaksa penuntut menyampaikan tudingan itu dalam sidang pembacaan dakwaan atas Rosmah pada Kamis (4/10).

"Ketika jaksa penuntut mencatat pernyataan dari seorang saksi, terdakwa mendekati saksi tersebut dan memintanya untuk membuat pernyataan yang menguntungkan. Saya punya salinan laporan ke polisi," katanya.

Gopal pun meminta agar pengadilan tak memberikan kesempatan bagi Rosmah untuk bebas dengan uang jaminan.

Menurut Gopal, berdasarkan prinsip hukum, jaminan tidak boleh diberikan jika ada bahaya yang dapat mengganggu saksi.

Namun akhirnya, Gopal meminta jaminan ditetapkan dengan nilai 10 juta ringgit atau setara Rp37 miliar dengan syarat terdakwa harus menyerahkan paspor dan tidak mendekati saksi.

Pengacara Rosmah kemudian meminta jaminan diturunkan menjadi 250 ribu ringgit dengan alasan penyerahan paspor saja seharusnya sudah cukup untuk mengurangi beban.

Mereka juga berargumen bahwa pada kasus Najib yang melibatkan korupsi hingga 2,6 miliar ringgit, uang jaminannya hanya 3,5 juta ringgit.

Hakim akhirnya menyepakati uang jaminan sebesar 2 juta ringgit dan menetapkan bahwa Rosmah juga harus menyerahkan paspornya serta tak boleh mendekati saksi.

Dalam sidang tersebut, Rosmah dijatuhi 17 dakwaan pencucian uang dengan ancaman hukuman penjara hingga 15 tahun dan denda tak kurang dari lima kali lipat jumlah transfer ilegal yang dilakukan.

Rosmah ditahan pada Rabu (3/10), setelah tiga kali diperiksa oleh Komisi Anti-Korupsi Malaysia (MACC) terkait skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). (cin/has)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2PaWnpt

No comments:

Post a Comment