Pages

Thursday, February 6, 2020

Pemprov: Harga Satu Pohon Pule di Monas Rp8,5 Juta

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menanam kembali pohon di area Monas, tempat 191 pohon ditebang sebelumnya.

Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan DKI Jakarta Heru Hermawanto menyatakan pohon yang ditanam mahal, Salah satunya adalah pohon Pule (Pulai, ilmiah: alstonia scholaris) yang disebut tergolong mahal, namun cepat tumbuh.

"Enggak (Satu jenis saja. (Pohon) Segede itu harganya lebih mahal daripada pohon-pohon lain. Sekitar Rp8,5 juta per pohon," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (7/2).


Pohon Pule menurut Heru telah dirancang sebanyak 16 buah. Namun kata dia, Komisi Pengarah meminta agar pohon itu ditambah untuk penghijauan. DKI pun, kata Heru, akan menambah sesuai dengan permintaan pemerintah pusat.

"Nanti akan kita tambahkan setelah pengerjaan itu. Karena itu di luar pengerjaan ini," kata dia.

Heru menyebut penanaman pohon sudah mulai dilakukan pada Jumat pekan lalu. Selain pohon Pule, Pemprov DKI juga menanam sejumah pohon lainnya seperti Jati hingga Trembesi.

"Karena yang terpotong kemarin kan sebagian besar Trembesi. Kita kan minta juga surat ke Dinas Kehutanan, nah disarankan beberapa jenis," jelas dia.

Heru enggan menjelaskan lebih lanjut jumlah dana yang dikeluarkan untuk penanaman kembali pohon tersebut.

Sementara terkait dengan pemotongan pohon dan pemindahan pohon, Heru meluruskan bahwa hal itu menjadi kewenangan Dinas Pertamanan dan Kehutanan. Menurutnya semua pertimbangan penebangan ada di dinas tersebut.

[Gambas:Video CNN]

"Kalau di kita kan tugasnya bukan pohonnya di ke manakan. Kita bekerja sesuai dengan ketentuan. Kita mintakan pertimbangan-pertimbangan dari SKPD terkait," tutup dia.

Proyek revitalisasi Monas kembali dilanjutkan. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim telah mendapatkan lampu hijau dari Sekretariat Negara tentang kelanjutan proyek. Setidaknya ada 191 pohon yang sempat ditebang untuk menjalankan proyek ini.

DKI belakangan akan mengganti sebanyak tiga kali lipat dari jumlah pohon yang ditebang atau sebesar 571 pohon. (ctr/ain)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2GXZZIO

No comments:

Post a Comment