Pages

Saturday, October 6, 2018

Dituding Skandal Seks, Kavanaugh jadi Hakim Agung AS

Jakarta, CNN Indonesia -- Brett Kavanaugh yang dituding melakukan serangan seksual dilantik menjadi hakim agung Mahkamah Agung AS setelah hasil pemberian suara konfirmasi Senat menjadi yang paling ketat dalam satu dekade terakhir.

Senat mengkonfirmasi Kavanaugh dengan suara 50-48 sementara pengunjuk rasa turun ke jalan-jalan di seluruh wilayah Amerika untuk menentangnya karena dituding melakukan pelecehan seksual ketika remaja.

Para pengunjuk rasa ini juga mempertanyakan kejujuran dan retorika partisan Kavanaugh.

Pengukuhan Senat AS ini menjadi kemenangan besar bagi upaya Presiden Donald Trump membawa Mahkamah Agung, yang merupakan insitusi politis, condong ke kubu kanan.

Proses pencalonan Kavanaugh ini memperkeruh panggung politik dan diwarnai dengan insiden protes penuh kemarahan dari warga yang menghadirinya. Akan tetapi keputusan Senat ini menjadi salah satu kemenangan besar bagi Trump.

Sidang dengar pendapat pencalonan Kavanaugh sebelumnya menampilkan seorang perempuan yang mengatakan calon hakim agung ini mencoba memperkosanya ketika mereka remaja, tuduhan ini dibantah keras oleh Kavanaugh.

Dituding Skandal Seks, Kavanaugh jadi Hakim Agung AS Proses konfirmasi calon Hakim Agung AS Brett Kavanaugh diwarnai dengan tudingan serangan seksual dan bantahan keras penuh emosi. (Andrew Harnik/Pool via REUTERS)
Perbedaan dua suara ini membuat persetujuan ini menjadi konfirmasi calon hakim agung paling ketat sejak 1881, dan menjadi yang paling diperdebatkan sejak nominasi Clarence Thomas pada 1991.

Ketika Ketua Mahkamah Agung John Roberts mengambil sumpah Kavanaugh dalam upacara tertutup, para pengunjuk rasa berkumpul di luar gedung dan sempat menyerbu tangga gedung Mahkamah Agung AS, menggedor pintu gedung itu.

"Saya di sini karena Presiden Trump mengejek korban serangan seksual," kata Kara Harrington yang berasal dari North Carolina.

"Hal itu membuat hati saya bergejolak. Saya pernah menjadi korban ketika masih berusia muda dan saya tidak memberi tahu siapapun."

Konfirmasi Kavanaugh ini berarti Trump sukses meloloskan dua hakim agung pilihannya, sehingga komposisi Mahkamah Agung AS condong ke kanan yang merupakan keberhasilan besar presiden dari partai Republik ini di pertengahan masa jabatannya.

Kemenangan Trump 

Dalam acara kampanye di negara bagian Kansas, Trump disambut dengan gemuruh panjang dalam waktu yang disebutnya "malam yang sangat bersejarah."

"Hari ini saya berdiri di depan anda semua di atas kemenangan luar biasa bagi bangsa kita, rakyat kita dan UUD kita yang agung," ujar Trump di depan pendukungnya setelah menandatangani surat keputusan penunjukan Kavanaugh di pesawat kepresidenan AS.

Pengambilan sumpah resmi Kavanaugh akan dilaksanakan pada Senin (8/10) di Gedung Putih.

Ketua kubu mayoritas Senat Mitch McConnel yang menentang pengkritik Kavanaugh mengatakan bahwa dia "bangga" dengan koleganya di Senat. Sementara Wakil Presiden Mike Pence yang memimpin sidang pengambilan suara Senat ini menyebutnya "hari bersejarah bagi negara kita".

Keputusan ini menggambarkan prestasi besar yang terjadi di era kepresidenan Trump: Partai Republik menguasai Gedung Putih, Senat, DPR dan Mahkamah Agung.

Tetapi drama konfirmasi Kavanaugh yang diwarnai dengan tuduhan luar biasa serta bantahannya dalam sidang yang disiarkan televisi, ditambah penyelidikan mendadak oleh FBI terkait tudingan pelecehan seks, memanaskan gairah politik negara ini.

Beberapa jam sebelum pengambilan suara Senat, sejumlah pengunjuk rasa menerobos barikade dan melakukan aksi duduk di tangga gedung Capitol.

Polisi menarik turun dari tangga dan memborgol puluhan pengunjuk rasa yang meneriakkan kata "Memalukan!" dan "Tunggu bulan November!".

Ketika ketegangan meningkat, iring-iringan mobil Wapres Pence diteriaki oleh pengunjuk rasa.

Dituding Skandal Seks, Kavanaugh jadi Hakim Agung AS Pengunjuk rasa turun ke depan gedung Capitol untuk memprotes Brett Kavanaugh menjadi hakim agung AS. (Reuters/Yuri Gripas)
Proses konfirmasi Kavanaugh ini membuka kebuntuan partisan di Capitol Hill dan polarisasi politik yang terjadi di Amerika hanya satu bulan sebelum pemilu sela.

"Anda tidak bisa memberi korek kepada pelaku pembakaran, dan anda tidak menyerahkan kekuasaan kepada gerombolan kiri yang penuh amarah. Itu lah mereka. Demokrat kini menjadi terlalu ekstrim dan terlalu berbahaya untuk memerintah," kata Trump.

"Republik adalah partai hukum dan ketertiban dan keadilan. Dan kita menjadi partai yang lebih menjunjung kesempatan dan kemakmuran dibanding dulu."

Senator dari partai Demokrat yang berusaha keras menghalangi pemilihan hakim berusia 53 tahun ini bersikeras bahwa akar penyebab perjuangan menentang Kavanaugh akan membuat partai itu tampil gemilang di pemilihan sela.

"Ini adalah hari yang menyedihkan, tetapi balasannya akan terjadi di hari pemilihan," kata Senator partai Republik Amy Klobuchar.

Pengukuhan Kavanaugh praktis sudah tercapai pada Jumat (6/10) ketika dia mendapatkan suara dukungan dari Senator berpengaruh, Susan Collins dari Partai Republik dan Joe Manchin, senator konservatif dari Partai Demokrat. (yns)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2OFkek2

No comments:

Post a Comment