Pages

Tuesday, October 2, 2018

BPK Bakal Audit Dana Penanganan Bencana

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 20:00 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan mengaudit dana penanganan bencana gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu. Audit bencana alam masuk dalam kategori pemeriksaan dengan tujuan tertentu (DTT).

Ketua BPK Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan BPK memiliki program khusus untuk audit dana penanganan bencana. Hal itu juga dilakukan pada dana penanggulangan bencana tsunami di Aceh tahun 2004 silam.

"Untuk (dana penanganan) bencana ada khusus pemeriksaan seperti waktu tsunami di Aceh. Kita sudah ada pemeriksaan kinerja dan kita sudah punya program itu," kata Moermahadi di Gedung DPR, Selasa (2/10).

Audit yang dimaksud ialah audit pemakaian anggaran pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sebab, BNPB merupakan badan yang mengelola dan menyalurkan dana penanggulangan bencana.
"Kami audit setiap laporan keuangannya (BNPB)," ujarnya.

Untuk diketahui, bencana gempa dan tsunami menghantam Donggala dan Palu pada Jumat pekan lalu. Bencana ini membuat kerusakan parah hingga menimbulkan korban jiwa di wilayah tersebut.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan menyatakan telah menganggarkan dana Rp560 miliar untuk penanganan bencana Palu sesuai dengan usulan BNPB. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dana itu sudah dicairkan.

"Itu saya proses akhir pekan kemarin begitu terjadi bencana. Sabtu (29/9), sesuai permintaan langsung kami setujui dan hari ini, Senin (1/10) cair," kata Sri Mulyani.
(ulf/agt)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2P1u1xL

No comments:

Post a Comment