Rencana ini pun meningkatkan kekhawatiran atas risiko peraturan yang dihadapi perusahaan China, di mana menjadi pasar nomor 1 dunia untuk game seluler.
Dilansir dari Reuters, Departemen Pendidikan China mengatakan pada Kamis, (30/8), regulator harus mengambil langkah-langkah untuk membatasi jumlah waktu yang anak muda yang dihabiskan bermain game dan menjelajahi sistem yang sesuai usia untuk pemain.
Pembatasan adalah tantangan terbaru untuk memukul Tencent, operator game terbesar di China. Padahal baru awal bulan Agustus ini, persetujuan game baru mereka masih dibekukan sehingga berimbas pada laba kuartalan perusahaan. Penurunan ini dinilai terbesar dalam hampir 13 tahun terakhir.
Hasil mengecewakan datang sehari setelah investor membatalkan sekitar US$15 miliar dari nilai pasarnya karena pemberitaan regulator Cina telah memblokirnya dari rencana game blockbuster-nya, "Monster Hunter: World".
Saham Tencent, yang memiliki nilai pasar sekitar HK$3,25 triliun (US$414,12 miliar), anjlok hingga 5,3 persen, memimpin penurunan di perusahaan video game China.
Tencent telah kehilangan senilai US$164 miliar dalam nilai pasar dari puncaknya pada bulan Januari, terutama pada ketidakpastian peraturan, dan sekarang mengikuti saingan berat Alibaba Group untuk menjadi perusahaan terbesar kedua di Asia berdasarkan kapitalisasi pasar.
Instruksi regulasi terbaru Beijing dimasukkan dalam dokumen yang diterbitkan di situs web kementerian pendidikan yang menguraikan bagaimana China akan menanggapi tingkat miopia yang semakin memburuk, atau rabun dekat, di kalangan anak muda.
Dokumen itu juga meminta orang tua untuk membatasi jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak mereka menggunakan telepon seluler dan perangkat elektronik lainnya, dan merekomendasikan anak-anak untuk menghabiskan lebih dari satu jam di luar rumah setiap hari.
"Kami berharap para pengembang terkemuka untuk menunjukkan ketahanan relatif dengan memperpanjang siklus hidup waralaba permainan yang ada dan memperluas kehadiran di luar negeri," kata Jefferies dalam sebuah catatan penelitian.
Diperkirakan Tencent menyumbang 42 persen pangsa pasar game seluler China pada tahun 2017. (Reuters/age)
from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2NvSFWu
No comments:
Post a Comment