Pages

Wednesday, October 30, 2019

3 Cara Atasi Jerawat di Dalam Hidung

Jakarta, CNN Indonesia -- Tak terlihat tapi sangat mengganggu. Barangkali ini yang bisa menggambarkan jerawat di dalam hidung. Jerawat timbul karena penumpukan debu, kotoran, ditambah bakteri yang berkembang pada pori.

"Kelenjar minyak terletak di seluruh tubuh, termasuk di sekitar dan di dalam hidung. Jika kelenjar minyak tersumbat, jerawat bisa berkembang," jelas Joshua Zeichner, direktur riset klinis dan kosmetik di Mount Sinai Hospital mengutip dari Women's Health (23/10).

Jerawat di dalam hidung memerlukan perlakuan yang tak jauh berbeda dengan jerawat di muka. Berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Hindari memencet jerawat

Baik di dalam hidung maupun di muka, memencet jerawat sangat tidak disarankan. Memencet jerawat memperbesar risiko infeksi bakteri.

"Terlebih jerawat di dalam hidung cenderung berada jauh di dalam kulit sehingga memencet atau 'mencongkel' jerawat lebih banyak berbahaya ketimbang mendatangkan solusi," kata Zeichner.

Meski tak nyaman, upayakan untuk tidak memencet jerawat. Ada baiknya Anda mengunjungi dokter kulit jika jerawat semakin besar, hangat dan menimbulkan rasa sakit yang lebih hebat.

2. Produk perawatan kulit dengan kandungan antijerawat

"Jerawat di hidung atau bagian tubuh lain, salicylic acid membantu mengeringkan jerawat dan benzoyl proxide menurunkan tingkat bakteri untuk mengurangi peradangan," kata Zeichner.

Menurut dia, makin cepat diobati maka semakin cepat jerawat akan hilang. Namun dia menambahkan pastikan aplikasi obat jerawat tersebut hanya dilakukan bila jerawat berada di dekat bagian luar lubang hidung.

Zeichner tidak merekomendasikan pengobatan jerawat yang tak mampu Anda lihat atau bila lokasinya benar-benar jauh di dalam hidung. Pengobatan jerawat bisa bisa menimbulkan iritasi pada area kulit sensitif seperti kulit dalam hidung. Untuk itu baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter kulit.

3. Kompres

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman, kompres hidung dengan air hangat. Anda bisa mengompres dengan kain atau kapas dan tempelkan pada bagian dalam hidung yang berjerawat.

Mengutip dari Medical News Today, ulangi hingga tiga kali sehari selama 20 menit. Cara ini dapat membantu mengempeskan jerawat.

Sementara itu, jerawat di hidung kadang menimbulkan rasa sakit tak tertahankan. Anda bisa mengonsumsi penghilang rasa sakit semisal ibuprofen, acetaminophen, atau naproxen sodium. Sebelum mengonsumsi, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker.

[Gambas:Video CNN] (els/ayk)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/322ohcN

No comments:

Post a Comment