Pages

Friday, May 24, 2019

RI Diramal Pimpin Pasar e-Commerce ASEAN pada 2025

Jakarta, CNN Indonesia -- Indonesia diprediksi menjadi pemimpin pasar e-commerce di Asia Tenggara pada 2025 mendatang. Hal ini diperkirakan terealisasi seiring dorongan perkembangan masyarakat kelas menengah dan perbaikan akses infrastruktur digital.

"Indonesia diprediksi menjadi pemimpin pasar e-commerce Asia Tenggara dengan prediksi share 52 persen pada 2025," ujar Bambang di Paris, seperti dikutip dari keterangan resmi, Jumat (24/5).

Menurut Bambang, optimisme tersebut muncul salah satunya berkat keberhasilan Indonesia naik peringkat dalam laporan Global Information Technology Report. Indonesia berhasil melesat ke peringkat 63 dari 148 negara pada 2015, naik signifikan dari peringkat 76 pada 2013.


Meski berhasil menduduki peringkat yang cukup baik, menurut dia, pertumbuhan teknologi informasi Indonesia masih dapat ditingkatkan dengan penyediaan infrastruktur yang mumpuni.

"Indonesia membutuhkan usaha kolektif dari berbagai pihak, tak terbatas hanya pada pemerintah saja. Di era digital seperti saat ini, inklusif, efisiensi, dan inovasi sangat dibutuhkan agar teknologi informasi dan komunikasi Indonesia dapat terus meningkat kualitasnya," ungkap Bambang.

Bambang menekankan pemerintah terus meningkatkan pelayanan teknologi komunikasi dan informasi bagi pengguna internet di Indonesia yang mencapai 54,7 persen penduduk.


Hingga 2019, data Kementerian Komunikasi dan Informatika menunjukkan progress signifikan terkait teknologi komunikasi dan informatika, di antaranya sebanyak 478 dari 514 kabupaten/kota sudah terjangkau palapa ring, 1.086 base tranceiverstations sudah tersebar di area perbatasan dan tertinggal, 4.111 akses internet bagi sekolah, fasilitas kesehatan, dan kantor-kantor perkotaan, hingga penyediaan 150 Gbps high through put satelite.

"Digitalisasi membantu Indonesia menerapkan kebijakan yang lebih tepat dan akurat dengan menggunakan data valid yang tersedia melalui one data Indonesia yang keseluruhan operasionalnya menggunakan teknologi informasi dan komunikasi," jelas dia. (agi)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2JBDVa6

No comments:

Post a Comment