Pages

Saturday, March 30, 2019

Nihil Kampanye di Pernyataan Penutup Debat Jokowi - Prabowo

Jakarta, CNN Indonesia -- Tidak ada pernyataan mengampanyekan diri atau mengajak masyarakat untuk memilih dirinya yang diungkapkan dua calon presiden (capres), Joko Widodo dan Prabowo Subianto, saat memberikan pernyataan penutup di Debat keempat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Jokowi dan Prabowo justru saling melontarkan pernyataan terkait persahabatan di antara keduanya yang tak akan pernah putus walau kini tengah bersaing merebut suara masyarakat di Pilpres 2019.

Situasi ini berbeda dengan yang hadir dalam pernyataan penutup di tiga Debat Pilpres sebelumnya, di mana narasi yang dihadirkan bersifat 'menjual diri' untuk dipilih di Pemilu mendatang.

Jokowi pernyataan penutupnya di Debat keempat Pilpres menyampaikan bahwa masa depan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia merupakan hal yang lebih penting dibandingkan debat.

Selain itu, menurutnya, hal terpenting lainnya adalah tentang menyayangi rakyat hingga mendengarkan rakyat untuk mencari solusi masalah yang dihadapi Indonesia.


"Rakyat Indonesia yang saya cintai, saya dan Ma'ruf Amin malam hari ini ingin menyampaikan melalui debat malam ini mungkin banyak perbedaan pendapat. Tapi, jangan pernah lupa bahwa yang terpenting adalah bukan tentang debat tapi masa depan dan kesejahteraan rakyat Indonesia," kata Jokowi.

Kemudian, mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan kepada Prabowo terkait hobinya naik sepeda. Ia kemudian mengaitkan antara persahabatan dirinya bersama Prabowo dengan rantai sepedanya yang sering putus.

Jokowi mengungkapkan ke Prabowo bahwa rantai persahabatan di antara mereka tidak pernah putus. 

"Saya suka naik sepeda dan sering ketika naik sepeda rantainya putus. Tapi, percayalah bahwa rantai persahabatan kita yakinlah tidak akan pernah putus. Juga tali persahabatan saya dengan Ma'ruf Amin dan Prabowo dengan Sandiaga Uno tidak akan putus tali persahabatan kita," ucap Jokowi.


Prabowo merespons apa yang disampaikan Jokowi ini dalam pernyataan penutupnya.

Ia mengatakan, bahwa dirinya dan Jokowi sedang berada di arena debat sehingga sulit untuk tampil bersahabat. Tapi menurutnya soal debat adalah perbedaan tentang kenegaraan. 

"Jadi inilah demokrasi debat kadang-kadang saya keras, saya ini setengah Banyumas setengah Minahasa, kan bapak Solo kan halus," katanya.


Ia pun mengaku menghormati Jokowi. Lalu Prabowo kembali mengingatkan Jokowi tentang 'asal bapak senang' atau ABS.

Setelah itu, Prabowo meyakinkan bahwa dia akan tetap bersahabat dengan semua tokoh politik

"Tidak akan putus persaudaraan kita, kita berjuang untuk rakyat," kata Prabowo.
[Gambas:Video CNN] (tst/sur)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2CKxqNr

No comments:

Post a Comment