Pages

Monday, October 8, 2018

Pesan WhatsApp Ungkap 15 Kebutuhan Korban Tsunami Palu

Jakarta, CNN Indonesia -- Platform Sultengbergerak.com mengumpulkan sedikitnya 15 kebutuhan mendesak untuk korban gempa dan Tsunami di Sulteng.

Dalam laporan masyarakat yang dihimpun oleh platform tersebut, sedikitnya terdapat 15 informasi kebutuhan mendesak para korban bencana di Sulteng. Platform itu mengumpulkan hal tersebut melalui pesan WhatsApp yang disebarkan.

Informasi kebutuhan itu terdiri dari makanan (34 pesan); air minum (20 pesan); obat (16 pesan); minuman (14 pesan); dan susu bayi (10 pesan).


Lainnya adalah air bersih (6 pesan); susu (6 pesan); logistik umum (6 pesan); selimut (6 pesan); dan tenda (5 pesan). Kebutuhan lainnya juga adalah popok (4 pesan); pakaian (4 pesan), pembalut (3 pesan), BBM (2 pesan) dan susu balita (1 pesan).

Platform Kolaboratif

Platform sultengbergerak.com merupakan platform kolaboratif masyarakat untuk manajemen informasi terkait bencana Gempa Bumi, Tsunami dan Likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Selain sebagai platform penyedia informasi, platform digital ini masyarakat untuk saling membantu :

1. Pencarian orang.

2. Kebutuhan logistik, warga dan relawan dapat berkontribusi, agar respon seluruh posko terintegrasi dan saling berbagi wilayah/logistik.


3. Pemetaan terkait keadaan pasca bencana, berisikan sebaran pengungsian, wilayah terdampak.

"Pemerintah harus mengambil langkah-langkah percepatan penanganan bencana secara terintegrasi, guna menjangkau korban dan keluarga yang terdampak bencana," kata Juru Bicara Relawan Sulteng Bergerak Zenzi Suhadi. (asa)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Ryr1dO

No comments:

Post a Comment