Pages

Tuesday, October 2, 2018

Gempa Palu, Nilai Bangunan yang Diasuransikan Rp2,3 Triliun

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/10/2018 15:24 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- PT Asuransi Maipark Indonesia mencatat total harta benda yang diasuransikan di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah hanya mencapai Rp2,29 triliun. Kedua kota ini, pada Jumat malam (28/10) diterjang gempa dan tsunami yang menelan ratusan korban jiwa dan membuat hampir semua bangunan rusak berat.

Direktur Utama Reasuransi Maipark Indonesia Ahmad Fauzie Darwis menyebut Kota Palu dan Kabupaten Donggala masuk dalam zona empat dan lima atau zona dengan tarif asuransi tertinggi berdasarkan aturan OJK tahun 2017.


"Berdasarkan database yang ada di MAIPARK, nilai harta benda yang diasuransikan di Kota Palu, dan Kabupaten Donggala, serta Sigi berjumlah Rp2,29 triliun," ujar Fauzie dalam keterangan resmi, Selasa (2/10).

Adapun jumlah risiko yang ditanggung sebanyak 753 unit bangunan.


Fauzie menjelaskan MAIPARK kini tengah melakukan pemodelan detail per risiko untuk mendapatkan estimasi kerugian asuransi dari bencana gempa dan tsunami di wilayah-wilayah. Setelah itu, pihaknya baru dapat mengeluarkan estimasi pasti kerugian asuransi atas bencana tersebut.

Hingga kini, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) belum mengeluarkan hitungan besaran kerugian material yang diakibatkan gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah tersebut. Namun, bencana tersebut hingga kini tercatat telah mencapai sekitar 832 orang. (agi)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2xRnuiq

No comments:

Post a Comment