Pages

Thursday, October 25, 2018

Direktur CIA Dengar Rekaman Suara Pembunuhan Khashoggi

Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur CIA, Gina Haspel, disebut telah mendengar rekaman suara interogasi dan pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi selama kunjungannya ke Turki.

"Haspel, berangkat untuk melakukan perjalanan rahasia ke Turki pada Senin (22/10), mendengarkan rekaman suara selama kunjungannya. Hal ini disampaikan oleh orang terdekatnya selama pertemuan," seperti ditulis surat kabar AS, The Washington Post.

"Seseorang yang akrab dengan rekaman suara itu mengatakan bahwa rekaman itu 'menarik' dan bisa memberikan banyak tekanan pada AS untuk membuat arab Saudi bertanggung jawab atas kematian Khashoggi," lanjut laporan itu seperti dikutip Anadolu.

Sebelumnya, Haspel melakukan perjalanan ke Turki terkait kematian Khashoggi. Kedatangan Direktur CIA ini diperkirakan sebagai usaha intelijen AS untuk mengakses informasi yang dimiliki Turki. Salah satunya terkait file audio yang dimiliki pejabat Turki yang merekam pembunuhan itu.

Kedatangannya itu dilakukan ketika Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan melakukan pidato di depan parlemen untuk mengungkap kejadian atas pembunuhan Jamal Khashoggi di konsulat Saudi dan bagaimana kerajaan itu berusaha menutupinya.

Pada Selasa (2/10), Khashoggi menghilang sejak masuk ke gedung konsulat Saudi di Istanbul untuk mengambil dokumen pernikahannya.

Arab Saudi sempat membantah bahwa mereka tidak terlibat dalam kematiannya, namun belakangan ini Saudi mengakui bahwa Khashoggi memang dibunuh di konsulatnya. Hingga kini, penyelidikan masih berlanjut. (eks/eks)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2CGraHn

No comments:

Post a Comment