Pages

Tuesday, October 23, 2018

9 Eksekutif Facebook Mengundurkan Diri Sepanjang 2018

Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook sedang mengalami masa sulit sepanjang tahun ini. Berawal dari persoalan skandal yang melibatkan keamanan data privasi penggunanya, hingga kepergian beberapa pejabat eksekutifnya yang berpengaruh pada nilai saham perusahaan.

Facebook mengatakan bahwa saham miliknya turun lebih dari 10 persen pada tahun ini dilansir CNBC.com, Selasa (23/10).

Penurunan saham Facebook dikabarkan terkait dengan banyaknya para eksekutif perusahaannya yang melakukan pengunduruan diri sepanjang 2018.

Terakhir kali dikabarkan saham Facebook mengalami penurunan 2,4 persen menjadi US$161,51 atau lebih dari US$11 miliar bertepatan dengan diumumkannya pengunduran diri Kevin Systrom dan Mike Krieger.

Daftar eksekutif Facebook yang mengundurkan diri sepanjang 2018:

1. Jan Koum
Co-founder WhatsApp Jan Koum mengundurkan pada April. Kuat dugaan bahwa penguduran dirinya disebabkan oleh perselisihan yang terjadi dengan perusahaan induk. Menurut laporan Washington Post, penyebab utama perselisihan Koum dengan Facebook adalah strategi perusahaan induk yang akan menggunakan data pribadi dan melemahkan enkripsi WhatsApp.

2. Elliot Schrage
Kepala Komunikasi dan Kebijakan Publik Facebook Elliot Schrage mengumumkan pengunduran dirinya pada Juni. Setelah sepuluh tahun bekerja sama dengan Facebook. Dikabarkan bahwa kepergian Schrage terkait dengan kontrovresi yang tengah dialami Facebook terkait kebocoran data pribadi penggunanya.

3. Colin Strecth
Pengacara terkemuka Facebook Colin Strecth mengumumkan pengunduran dirinya dari Facebook pada Juli lalu. Dikabarkan oleh Business Insider bahwa kepergian Colin merupakan hasil dari keputusannya dengan sang istri Alyse. Mereka memutuskan untuk kembali ke Washington DC dari California.

4. Alex Stamos
Kepala Keamanan Facebook Alex Stamos mengumumkan pengundurannya pada Agustus. Stamos memutuskan untuk pergi dari Facebook saat tengah mengalami krisis penyalahgunaan 50 juta akun penggunanya. Kabarnya sebelum memutuskan pengunduran diri, Stamos sempat mengalami perselisihan dengan petinggi perusahaan terkait isu keamanan data pengguna.

5. Dan Rose
Vice president of Partnership Facebook Dan Rose mengumumkan pengunduran dirinya pada Agustus. Rose sudah bekerja di Facebook selama 12 tahun. Dikabarkan pengundurannya disebabkan oleh pihak keluarga yang akan pindah ke Hawaii selama empat tahun. Rose lebih memilih untuk ikut pindah dengan keluarganya dan meninggalkan Facebook.

6. Rachel Whetstone
Seorang eksekutif komunikasi terkemuka Facebook Rachel Whetstone memutuskan untuk meninggalkan Facebook pada Agustus dan pergi ke Netflix.

7. Alex Hardiman
Kepala Produksi Berita Facebook Alex Hardiman mengundurkan diri dari Facebook pada bulan Agustus. Dikabarkan ia ingin kembali ke sisi media dan bergabung dengan The Atlantic sebagai Chief Business dan Product Officer.

8. Kevin Systrom dan Mike Krieger
Kedua pendiri Instagram ini mengundurkan diri pada September 2018. Tidak ada alasan yang pasti mengenai keputusan mereka meninggalkan perusahaan induk. Akan tetapi, menurut seorang analis dari CFRA Scott Kessle mengatakan bahwa keputusan kedua pendiri Instagram ini berkaitan dengan gesekan yang selama ini terjada dengan CEO Mark Zuckerberg.

9. Brendan Trexler Iribe
CEO dan Co-founder Oculus Brendan Trexler Iribe mengumumkan pengunduran dirinya pada Oktober melalui unggahan di media sosialnya. Pada 2016, perusahaan besutan Mark Zuckerberg pernah menetapkan kembali Iribe, yang pernah menjadi Chief Executive Oculus, untuk memimpin proses pengembangan alat-alat vitual reality untuk PC. (jef/mik)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2yVH4dq

No comments:

Post a Comment