Pages

Monday, October 1, 2018

8 Warga Asing Hilang Pascagempa Palu-Donggala

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Luar Negeri RI (Kemenlu) mengatakan delapan warga asing masih hilang pascagempa Palu-Donggala. Total terdapat 84 warga negara asing yang terdampak gempa serta tsunami di Sulawesi Tengah itu.

"Dari 84 WNA yang terdampak gempa dan tsunami, sekitar delapan orang masih belum bisa diketahui keberadaannya dan belum bisa kami hubungi. Kami masih terus berupaya mencari tahu keberadaan mereka," jelas Juru bicara Kemenlu RI, Arrmanatha Nasir, saat ditemui di kantornya, di Jakarta, Senin (1/10).

"Delapan WNA itu diantaranya warga Korsel, Perancis, Belgia."

Sementara itu Arrmanatha memastikan 76 WNA yang sudah ditemukan telah dievakuasi ke tempat aman oleh tim di lapangan.

Dia mengatakan Kemlu bersama tim evakuasi dan kedutaan besar negara asing di Jakarta terus berkoordinasi terkait proses evakuasi WNA dari pusat gempa.

"WNA yang lain sudah berhasil dikontak dan mereka dalam keadaan aman. Beberapa di antara mereka ada yang berada di pusat diving dan tengah diupayakan untuk dievakuasi menggunakan kapal. Sebagian WNA juga ada yang di bandara dan tempat aman lainnya."

Gempa berkekuatan 7,4 skala richter mengguncang Palu dan Donggala sekitar Jumat (28/9) petang. Hingga saat ini, korban tewas akibat bencana tersebut mencapai 844 orang sementara 632 lainnya luka-luka.

Sebagian besar korban tewas terdapat di Palu hingga mencapai 821 orang, sementara di Donggala terdapat 11 orang, dan Kabupaten Parigi Moutong 12 orang.

Setidaknya ada 48 ribu warga Palu yang mengungsi akibat bencana terburuk sejak gempa bumi di Lombok, Nusa tenggara Barat, pada akhir Juli dan awal Agustus lalu. (rds/eks)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Ng4wHv

No comments:

Post a Comment