Pages

Monday, October 14, 2019

Penjelasan Toyota soal Distribusi Sienta Kosong pada Agustus

Jakarta, CNN Indonesia -- Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) Toyota Sienta tercatat tidak satu unit pun selama Agustus 2019. Satu bulan sebelumnya, distribusinya berjumlah 33 unit.

Sienta merupakan produk Multi Purpose Vehicle (MPV) Toyota kelas menengah yang punya pintu 'geser' (sliding door) untuk memudahkan penumpang mengakses kabin tengah dan belakang. Mobil keluarga ini diproduksi di pabrik PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, Karawang, Jawa Barat.

Direktur Pemasaran Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmy mengatakan penurunan distribusi Sienta menyambut model facelift-nya, sehingga ada penyesuaian produksi di pabrik TMMIN.

"Jadi itu karena ada Sienta improvement jadi ada run out periode," kata Anton, Senin (14/10).

Sienta model baru diluncurkan pada awal September 2019. Eksterior Sienta mengalami perubahan pada gril, bumper, hingga bingkai lampu kabut.

Kabin di semua varian Sienta punya interior warna hitam. Selain itu ada penambahan sandaran tangan di bangku depan (khusus varian CVT) dan jok baris kedua untuk varian V dan Q.

Menurut Anton selama Agustus 2019, pihak TAM hanya menjual stok Sienta yang ada pada dealer. Namun, tidak maksimal sebab diakui Anton konsumen sudah beralih ke model facelift.

Kendati demikian, menurut Anton kejadian penjualan Sienta yang 'drop' ini tidak berlangsung lama. Pasalnya, TAM berhasil mencatat inden 175 unit Sienta 175 pada September 2019 yang akan disuplai secara bertahap.

"Ada 175 unit itu untuk September 2019," ucap Anton.

Sienta pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 2016. Saat itu Sienta sempat berhasil menggaet konsumen lantaran penjualan Juni-Desember meledak dengan angka 17.931 unit.

Namun tahun-tahun berikutnya penjualan Sienta terus merosot, pada 2017 (11.818 unit), 2018 (5.113 unit), kemudian periode Januari-Juli 2019 cuma 412 unit.

Pihak TMMIN belum merespons ketika dihubungi untuk dimintai penjelasan penurunan suplai Sienta ke dealer pada Agustus. (ryh/mik)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2OXMHS3

No comments:

Post a Comment