Pages

Friday, February 15, 2019

Rekrut Pemain China, Klub Liga Spanyol Makin Laris

Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran gelandang asal China membuat klub La Liga Spanyol, Espanyol, menjadi sangat laris dari segi tontonan televisi dan penjualan jersey.

Klub yang kini berada di peringkat ke-12 klasemen sementara itu mendatangkan Wu Lei dari Shanghai SIPG dengan nilai transfer €2 juta atau setara Rp31 miliar pada Januari.

Jarang sekali pemain China yang merumput di klub-klub Eropa. Namun, Espanyol tetap memilih mendatangkannya meski secara statistik memang tak ada yang istimewa dari Wu Lei untuk standar Eropa.

Sejak direkrut, Wu Lei pun hanya dimainkan sebanyak dua kali di klub tersebut. Meski demikian, dikutip dari Sport Bible, keputusan klub itu merekrut pemain 27 tahun tersebut membawa keuntungan tersendiri.

Sebut saja saat debutnya membela Espanyol melawan Villarreal yang berakhir imbang 2-2, tayangan itu ditonton hanya sekitar 177 ribu pemirsa televisi. Namun di China, laga itu ditonton hingga 40 juta orang.

Wu Lei direkrut Espanyol dari Shanghai SIPG pada akhir Januari. (Wu Lei direkrut Espanyol dari Shanghai SIPG pada akhir Januari. (Foto: REUTERS/Albert Gea)
Angka itu bahkan bahkan jauh lebih tinggi dari total jumlah tontonan laga El Clasico antara Barcelona melawan Real Madrid di leg pertama semifinal Copa del Rey. Laga itu hanya ditonton 10 juta pemirsa televisi negeri Tirai Bambu tersebut.

Pada 2003 rekor penonton televisi yang menyaksikan laga Manchester City melawan Everton pernah tembus hingga 365 juta pemirsa hanya di China.

Pada laga di Liga Primer Inggris itu tampil pemain China yang menjalani debut di Man City. Begitu pula rekan kompatriotnya, Li Tie, melakoni laga perdananya di Everton.

Bukan hanya dari segi tontonan televisi, angka penjualan jersey Espanyol juga naik berkali-kali lipat. Tak lain karena begitu banyaknya pembelian kaus bernomor punggung 24 tersebut.

Untuk terus mendongkrak penjualan di dunia, Espanyol bahkan diberitakan berencana membuat jersey edisi khusus Wu Lei. (bac/sry)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2DIUawY

No comments:

Post a Comment