Pages

Tuesday, November 13, 2018

Waspada Rapor Buruk Timnas Indonesia di Babak Grup Piala AFF

Jakarta, CNN Indonesia -- Timnas Indonesia sempat mengalami fase buruk di babak grup Piala AFF. Hal ini perlu diwaspadai Skuat Garuda jelang melawan Timor Leste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (13/11).

Pada dua edisi terakhir Piala AFF, Timnas Indonesia hanya meraih satu poin dalam dua pertandingan awal di fase grup. Kondisi itu membuat Timnas Indonesia terancam gagal lolos ke babak gugur.

Di Piala AFF 2014 timnas Indonesia ditahan imbang 2-2 oleh tuan rumah Vietnam di pertandingan pertama. Di laga berikutnya, giliran Filipina yang membungkam Timnas Indonesia dengan kemenangan telak 4-0.

Pada laga pamungkas di Grup A Piala AFF 2014, Timnas Indonesia bangkit dengan mengalahkan Laos 5-1. Tetapi sayang, kemenangan itu tidak berarti apa-apa lantaran Timnas Indonesia gagal lolos ke babak gugur.

Di klasemen akhir Timnas Indonesia berada di peringkat ketiga Grup A di bawah Vietnam dan Filipina. Itu pun menjadi kali ketiga Timnas Indonesia gagal lolos dari fase grup di Piala AFF setelah 2007 dan 2012.

Setelah edisi 2014, catatan buruk di babak grup terulang pada Piala AFF 2016. Ketika itu Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Thailand di pertandingan pertama.

Thailand jadi lawan berat Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2018.Thailand jadi lawan berat Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2018. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Pada 2016 Timnas Indonesia tidak juga mendapatkan kemenangan hingga laga kedua usai ditahan imbang 2-2 Filipina. Kendati demikian, Timnas Indonesia mendapatkan keberuntungan dengan lolos dari lubang jarum usai menang 2-1 atas Singapura di pertandingan terakhir.

Dengan kemenangan atas Singapura itu Timnas Indonesia menempati posisi sebagai runner-up Grup A menemani Thailand. Perjalanan Tim Merah Putih di Piala AFF 2016 pun berlanjut hingga babak final sebelum dikalahkan Thailand dengan agregat 2-3.

Melihat Timnas Indonesia yang gagal mendapatkan poin di pertandingan pertama Piala AFF 2018, tim asuhan Bima Sakti itu tetap perlu waspada dan tidak menganggap remeh Timor Leste.

Kegagalan meraih kemenangan atas Timor Leste akan membuat Skuat Garuda makin dalam tekanan. Apalagi, jika Singapura berhasil mengalahkan Filipina. Karena di pertandingan berikutnya usai melawan Timor Leste, Timnas Indonesia dihadapkan pada laga berat melawan juara bertahan Thailand. (dre/har)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2RRSpTw

No comments:

Post a Comment