Pages

Friday, November 23, 2018

Dahnil Sebut Acara Kemah Pemuda Diinisiasi Kemenpora

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak mengaku acara acara kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia 2017 diinisiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrawi. Ia menyebut kegiatan itu sama sekali tidak diinisiasi oleh Muhammadiyah.

"iya ini inisiatif Menpora," ujar dia di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (23/11).

Dia pun bercerita terkait kronologis acara itu bisa sampai dilaksanakan. Menurutnya, awalnya dia diundang oleh Imam Nachrawi pada September 2017 bersama dengan Ketua Umum GP Ansor Gus Yaqut untuk mendiskusikan kondisi kebangsaan terkini.

Saat itu, ia bercerita, Imam Nachrawi khawatir terkait potensi konflik horizontal yang terjadi saat itu. Pasalnya saat itu isu anti Pancasila dan pro Pancasila tengah merebak luas.

"Kemudian ada tudingan bahwasanya tudingan pemerintah Pak Jokowi anti Islam. Beliau kemudian ada isu-isu, para ulama dikriminalisasi oleh pemerintahan Pak Jokowi," ujarnya.

Atas dasar itu kemudian Imam meminta pandangan kepada Yaqut dan Dahnil untuk membuat situasi damai. Setelah itu, lanjut Dahnil, Imam meminta untuk membuat kegiatan bersama antara GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah.

"Salah satu upaya yang ingin beliau lakukan, itu adalah mempersatukan secara simbolik antara GP Ansor dengan Pemuda Muhammadiyah. Maka Pak Imam waktu itu menawarkan dan mengajak bisa enggak, bikin kegiatan bersama yang difasilitasi oleh Menpora melibatkan GP Ansor dan Pemuda Muhammadiyah," ujarnya.

Permintaan itu tidak langsung diiyakan oleh Dahnil. Dia kemudian berdiskusi dengan Pemuda Muhammadiyah dan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Akhirnya pada Oktober 2017 dia merespons. Dia mengiyakan kegiatan itu lantaran ingin turut serta membuat situasi kondusif dan mencegah konflik horizontal di tengah masyarakat.

"Karena menghadapi potensi konflik horizontal, isu-isu kriminalisasi ulama, kemudian pemerintahan pak Jokowi dituduh anti Islam supaya Pemuda Muhammadiyah tidak dianggap terlalu kritis, tidak anti Jokowi. Akhirnya PP Pemuda Muhammadiyah, ya sudah kita terima ajakan dari pemerintah ini melalui Pak Menpora," tuturnya.

Diminta Waspada

Dahnil bercerita dirinya juga diminta untuk berhati-hati terkait acara ini. Ia mengatakan Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nasir dan pimpinan lainnya agar meminta Dahnil waspada agar tidak dikerjai.

Kensati begitu dia tidak bercerita lebih lanjut maksud dari perkataan Haedar dan pimpinan lainnya itu kepadanya.

"Namun yang kedua, kata bapak-bapak Muhammadiyah, yang disampaikan juga oleh bapak Haedar menyampaikan tapi hati-hati dan waspada, kami hanya khawatir kalian dikerjai. Kira-kira begitu. Hati-hati dan waspada, kami khawatir kalian dikerjai," ujarnya.

Ia pun merefleksikan kasus yang menimpanya dengan perkataan Haedar kepadanya waktu itu.

"Ternyata kalimat orang tua sering benar," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya memanggil Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjutak terkait kasus dugaan penyimpangan anggaran kegiatan kemah dan apel Pemuda Islam Indonesia yang dilaksanakan Kemenpora tahun anggaran 2017. Sebab, BPK menyatakan ada potensi kerugian negara dalam kasus tersebut (sta/eks)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Qdud0S

No comments:

Post a Comment