Pages

Monday, October 1, 2018

TNI Kerahkan Personel Amankan Objek Rawan Penjarahan di Palu

Palu, CNN Indonesia -- Kepala Penerangan Kodam XIII/Merdeka Kolonel Inf Muhammad Thohir menyatakan saat ini TNI telah mengerahkan personel untuk mengamankan objek yang rawan aksi penjarahan pasca-gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Thohir mengatakan TNI telah berkoordinasi dengan Polda Sulawesi Tenggara terkait dengan pengamanan tersebut.

"Pengamanan objek-objek penjarahan sudah dilakukan antara Polda dan Kodam XIII/Merdeka, personel sudah dikerahkan," kata Thohir di Korem 132/Tadulako, Palu, Senin (1/10).


Thohir mengatakan saat ini aksi tidak hanya dilakukan untuk menjarah makanan tapi juga barang-barang lainnya. "Sudah apa saja dijarah," ujarnya.

Thohir menyebut aksi penjarahan tersebut masuk tindakan kriminal. "Ini kriminal, sudah berlaku pasal tindak kriminal," ucap Thohir.

Kendati demikian, Thohir mengklaim sejauh ini kondisi di Poso masih terkendali. "Situasi masih relatif terkendali," katanya

TNI Kerahkan Personel Amankan Objek Rawan Penjarahan di PaluPenjarahan di lokasi gempa Palu, Sulawesi Tengah. (AFP PHOTO / BAY ISMOYO)

Bantuan Sempat Habis

Thohir mengatakan hari ini bantuan logistik yang ada di posko Korem 132/Tadulako sempat habis, meskipun kini bantuan telah datang kembali.

Posko tersebut merupakan posko utama untuk distribusi bantuan. Sebab, sejauh ini belum dilakukan distribusi bantuan langsung ke posko-posko pengungsian.

"Pukul 10 [siang] tadi kosong, habis terdistribusi, tapi sudah datang lagi untuk dibagikan besok," kata Thohir.


Nantinya, kata Thohir, bantuan yang tiba di Palu akan langsung didistribusikan ke tiga lokasi, yakni Palu, Sigi, dan Donggala.

"Dari bandara langsung didistribusi ke tiga tempat," ujarnya.

Di wilayah yang belum tersentuh bantuan, kata Thohir, pihaknya tengah mengupayakan agar bantuan bisa segera disalurkan dalam waktu.

Selain itu, Thohir menyebut TNI juga akan segera membangun dapur umum untuk memenuhi kebutuhan warga. Ia beralasan pihaknya masih kekurangan personel sehingga sampai saat ini belum didirikan dapur umum.

"Sesegera mungkin dilakukan dapur umum," katanya.

(dis)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2NWUdNu

No comments:

Post a Comment