Pages

Friday, October 5, 2018

SoftBank Akan Suntik Dana Segar Rp7,59 Triliun untuk Grab

Jakarta, CNN Indonesia -- SoftBank dikabarkan akan menginvestasikan dana sebesar US$500 juta atau setara Rp7,59 triliun kepada Grab.

Dilansir dari Reuters, rencana investasi ini sudah mendekati kesepakatan. Grab memang dikabarkan tengah mencari investasi sebesar US$ 1 miliar. Jika kesepakatan dengan SoftBank rampung, maka perusahaan ride-hailing ini tinggal mencari setengahnya lagi.

Sepanjang enam tahun berdiri, Grab telah mengumpulkan pendanaan lebih dari US$6 miliar. Total investasi tersebut mayoritas berasal dari SoftBank, Didi Chuxing dan Toyota Motor Corp.

Banyaknya pendanaan membuat perusahaan ini diperkirakan memiliki valuasi US$11 miliar atau sekitar Rp167 triliun.

Dalam sejarah perjalanan Grab, SoftBank pertama kali membeli saham Grab senilai US$250 juta atau setara Rp3,79 triliun pada 2014. Saat itu, Grab baru berusia dua tahun dan tengah gencar menghadapi Uber di pasar ride-hailing Asia Tenggara.

Sedangkan tahun ini, Toyota memimpin putaran pendanaan kepada Grab. Investasi Toyota akan menjadi suntikan dana terbesar yang pernah dilakukan oleh produsen mobil kepada sektor perusahaan ride-hailing.

Sepanjang Juni 2017 hingga Juni 2018, Grab terus mengekspansi kota-kota baru di Asia Tenggara. Tercatat perusahaan tersebut telah melahap 162 kota baru di regional.

Dilansir dari Reuters, SoftBank dan Grab menolak berkomentar. (Reuters/age)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2E0rGSN

No comments:

Post a Comment