Pages

Sunday, October 7, 2018

Menakar Kisaran Besarnya Biaya Operasi Plastik

Jakarta, CNN Indonesia -- Drama kebohongan aktivis Ratna Sarumpaet berhasil menghebohkan masyarakat. Ratna ternyata tak dianiaya, melainkan melakukan operasi plastik. Berdasarkan hasil penyelidikan Polda Metro Jaya, Ratna melakukan debet di Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika senilai total Rp90 juta. 

Sejumlah uang yang tak sedikit itu diduga dilakukan untuk membiayai operasi plastik yang dilakukan Ratna di bagian wajahnya. Benarkah pengobatan operasi plastik seperti yang dilakukan Ratna membutuhkan biaya puluhan juta?

CNNIndonesia.com mencoba mengonfirmasi kepada salah satu dokter ahli operasi plastik Donna Savitry (tidak terlibat dalam tindakan yang dilakukan Ratna Sarumpaet).


"Mungkin saja (harganya mencapai Rp100 juta). Ada multifaktor yang menyebabkanya (perbedaan harga)," kata Donna kepada CNNIndonesia.com, Kamis (4/10).

Dokter spesialis bedah plastik-rekonstrusi estetika ini menjelaskan faktor yang memengaruhi biaya itu meliputi klinik atau rumah sakit tempat perawatan, biaya dokter, pemakaian alat-alat tertentu hingga kompleksitas tindakan.

Biaya di klinik dan rumah sakit negeri akan jauh berbeda dengan rumah sakit swasta apalagi yang bertaraf internasional. Penggunaan bius dan alat-alat tertentu yang berteknologi tinggi juga bakal berdampak pada meningkatnya harga operasi plastik. 

Semakin rumit dan kompleks tindakan yang dilakukan pun membuat biaya operasi plastik kian mahal.

Kendati demikian, Donna menyatakan tak ada patokan tertentu untuk biaya bedah plastik. Faktor estetika membuat tindakan medis ini sulit dinilai.

"Bedah plastik estetik itu tidak ada standar khususnya. Karena estetik sulit dinilai. Tidak sama dengan pasang pen untuk patah tulang yang sudah ada standarnya," ucap Donna yang praktek di RS Premier Bintaro dan RS Bhayangkara Kramat jati.


Sementara itu berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, biaya operasi plastik memiliki rentang yang beragam mulai dari Rp10 juta hingga Rp80 juta lebih.

Pada salah satu klinik di kawasan Jakarta Selatan, operasi plastik di bagian hidung mulai dari Rp17 juta, pipi mulai dari Rp10 juta dan payudara mulai dari Rp15 juta.

Klinik lain yang juga berada di Jakarta Selatan mematok operasi hidung mulai dari Rp30 juta, operasi pipi Rp22 juta, dagu Rp25 juta, implan payudara Rp80 juta. (ptj/chs)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2yk3uoc

No comments:

Post a Comment