Pages

Sunday, October 21, 2018

LIPI: 'Swing Voters' Didominasi Kaum Muda Penyuka Hiburan

Jakarta, CNN Indonesia -- Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menilai pemilih mengambang atau swing voters didominasi oleh kaum muda.

Kaum ini disebutnya memiliki ketertarikan pada kampanye dengan panggung hiburan.

"Dari sisi usia, kelompok pemilih muda atau pemula akan mendominasi swing voters," ungkapnya, dalam sebuah diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (21/10).

"Masyarakat dengan background seperti itu diajak serius berat sekali, oleh karena itu panggung hiburan disenangi oleh mereka," ia menambahkan.

Salah satu metode kampanye dengan panggung hiburan yang dianggap sukses, katanya, adalah yang dilakukan PKB bersama Rhoma Irama pada Pileg 2014.

"Contoh ketika Rhoma Irama turun dengan PKB, PKB tinggi di 2014. Ini menunjukkan grassroot itu masih seneng dengan hiburan," tuturnya.

Meski demikian, Siti mengatakan kampanye dengan panggung hiburan harus dilakukan dengan penyampaian pengetahuan terkait politik. Hal tersebut bertujuan untuk mencerdaskan kaum muda.

"Hiburan diselingi dengan transfer knowlegde mestinya itu, tidak hanya hiburan. Jika hiburan saja berarti ini panggung pesona, bukan pemilu. Pemilu harus mencerahkan. Pemilu adalah proses pembelajaran," ucapnya.

Namun, lanjut Siti, pemilih berusia lanjut memiliki kegemarna berbeda. Biasanya mereka lebih tertarik dengan bagaimana sosok paslon.

Ketegasan paslon menjadi salah satu hal yang disenangi oleh masyarakat usia lanjut.

"Orang-orang yang 50-an, 60-an dia lebih senang dengan yang mantap," ucapnya. "Dia mampu berikan keteduhan, apalagi sekarang dikaitkan dengan [isu] agama kan," tutup Siti.

(gst/arh)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2R5dhpQ

No comments:

Post a Comment