Pages

Friday, October 5, 2018

Jokowi Puji Sutopo, dalam kondisi sakit masih semangat

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo memuji Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho sebagai sosok yang sangat menginspirasi. Hal itu disampaikan Jokowi usai berbincang langsung dengan Sutopo tadi.

"Saya sangat menghargai dedikasi Pak Sutopo dalam menginformasikan bencana. Saya tadi baru diberi tahu kondisi beliau sangat memberikan dedikasi sebuah pekerjaan yang luar biasa," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat (5/10).

Sutopo selama ini sedang berjuang melawan kanker paru stadium 4B. Namun, ia tetap maksimal bertugas seperti kerap mengirimi perkembangan penanganan gempa dan tsunami di Palu-Donggala melalui aplikasi pesan.

Setiap siang, Sutopo juga menggelar konferensi pers memberikan perkembangan penanganan bencana di Palu-Donggala di kantornya. Hal itu pun diapresiasi Jokowi.

"Ini saya kira sangat menginspirasi kita semuanya. Dalam kondisi beliau yang sakit tetap masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan yang digelutinya dalam sekian tahun ini," tuturnya.

Jokowi mengatakan sering melihat dan memantau Sutopo berada di garis depan ketika memberikan informasi kepada masyarakat mengenai bencana mulai banjir, gempa, kebakaran, dan tsunami.

Hal itu menjadi makanan Sutopo sehari-hari sejak menjabat Kepala Pusdatin dan Humas BNPB delapan tahun lalu. Jokowi menilai penjelasan Sutopo cepat, gamblang, gampang diterima, dan diberikan lebih dari dua kali sehari.

Kendati demikian, ia tak berkomentar lebih lanjut ketika dikonfirmasi mengenai bentuk konkret apresiasinya kepada Sutopo.

"Saya baru tahu ini. Jadi saya belum bisa berbicara mengenai itu," kata mantan Wali Kota Solo ini.

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho memamerkan foto dirinya berdialog dengan Presiden Jokowi, Jumat (5/10). (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Sebelum berpisah, Jokowi memberikan cetakan fotonya bersama Sutopo dan menandatanganinya. Pesan singkat turut dituliskan di atas foto itu.

"Tetaplah menjadi inspirasi," tulis Jokowi.

Sutopo sendiri menganggap pertemuannya dengan Jokowi sebagai kado menjelang ulang tahun.

Dia sebelumnya mengaku mengidolakan Jokowi selain penyanyi Raisa. Dia juga berharap dapat berjabat tangan langsung dengan Jokowi. Keinginan itu terwujud siang tadi.

"Ini suatu nikmat luar biasa. Hari ini saya bisa langsung berjumpa, bertatap mata langsung dengan Bapak Presiden, bisa bersalaman langsung dengan Bapak Presiden," kata Sutopo.

Tak hanya bersalaman, Sutopo juga berdialog langsung dengan Jokowi.

Sutopo bahkan sempat membuat video blog (vlog) dan berswafoto bersama orang nomor satu di Indonesia itu.

"Nanti saya sebarkan di media sosial," ucap Sutopo sambil tertawa lebar. (chri/wis)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2ycHLyk

No comments:

Post a Comment