Pages

Wednesday, October 24, 2018

Inter Milan Mengintai Pertahanan Rapuh Barcelona

Jakarta, CNN Indonesia -- Inter Milan datang sebagai tamu di Camp Nou dalam laga Liga Champions, namun mereka bisa pulang dengan tiga poin di tangan bila mampu memanfaatkan rapuhnya pertahanan Barcelona.

Barcelona sudah lama dikenal sebagai tim ofensif yang selalu mendominasi penguasaan bola. Hal itu yang membuat Barcelona jarang diserang dan meraih kemenangan demi kemenangan.

Namun lini pertahanan Barcelona sendiri punya banyak celah dan lubang yang sering dimanfaatkan oleh lawan. Dalam lima laga terakhir yang dimainkan oleh Barcelona, skuat asuhan Ernesto Valverde ini kebobolan delapan gol. Tidak ada satu pun dari laga itu yang berakhir dengan clean sheet untuk Barcelona.

Dari delapan gol yang bersarang di gawang Barcelona, koordinasi lini belakang Blaugrana terlihat buruk. Ada sejumlah gol ketika pemain-pemain belakang Barcelona tidak sigap mengantisipasi umpan silang yang datang, contohnya gol Nabil El Zhar (Leganes) dan Oscar De Marcos (Athletic Bilbao).

Leganes sempat menghukum Barcelona dalam laga La Liga beberapa pekan lalu.Leganes sempat menghukum Barcelona dalam laga La Liga beberapa pekan lalu. (REUTERS/Sergio Perez)
Untuk gol De Marcos, pemain Barcelona seolah tak fokus pada bola yang bergulir lantaran ada benturan antara pemain Barcelona dan Bilbao, padahal tak ada peluit yang ditiup oleh wasit. Alhasil, De Marcos berdiri bebas menyambut umpan silang untuk mencetak gol.

Gol Ezequiel Garay (Valencia) di menit kedua juga menunjukkan kurang baiknya Barcelona mengantisipasi tendangan penjuru lawan. Sedangkan gol Lucas Muriel menunjukkan permasalahan klasik Barcelona yang kesulitan mengantisipasi serangan balik cepat lawan.

Blunder Gerard Pique yang menyodorkan bola pada Oscar Rodriguez (Leganes) juga turut mewarnai banyaknya gol yang bersarang di gawang Barcelona dalam lima laga terakhir.

Barcelona memasang Gerard Pique dengan Samuel Umtiti, Thomas Vermaelen, dan Clement Lenglet sebagai palang pintu pertahanan. Cederanya Umtiti kemudian membuat Lenglet mendapat kepercayaan untuk lebih lama menemani Pique dengan hasil yang tidak menggembirakan.

Inter Milan punya potensi untuk merepotkan pertahanan Barcelona.Inter Milan punya potensi untuk merepotkan pertahanan Barcelona. (REUTERS/Alberto Lingria)

Icardi On Fire di Inter

Rapuhnya pertahanan Barcelona kemudian seolah makin terasa memburuk lantaran Inter Milan tengah dalam kondisi baik. Dalam lima laga terakhir, Inter selalu mampu menyudahi pertandingan dengan kemenangan di tangan.

Secara khusus, Mauro Icardi adalah pemain yang patut diwaspadai oleh lini belakang Barcelona. Dalam lima laga tersebut, striker asal Argentina itu berhasil membukukan lima gol.

Melihat gol-gol yang dibukukan Icardi, Barcelona pantas khawatir karena Icardi adalah tipe striker yang punya banyak cara untuk mencetak gol. Kaki dan kepala Icardi bekerja sama baiknya.

Mauro Icardi jadi pemain yang patut diwaspadai oleh lini belakang Barcelona.Mauro Icardi jadi pemain yang patut diwaspadai oleh lini belakang Barcelona. (REUTERS/Alberto Lingria)
Di luar gol penalti ke gawang Fiorentina, empat gol yang dicetak Icardi di lima laga terakhir berasal dari dua tendangan dan dua sundulan kepala. Itu berarti Icardi selalu punya peluang untuk menyakiti Barcelona, baik lewat umpan silang maupun skema serangan balik yang mengarah ke jantung pertahanan. Tajamnya Icardi makin terasa berbahaya lantaran ia disokong oleh pemain-pemain dengan kecepatan baik macam Ivan Perisic, Matteo Politano, Kwado Asamoah, hingga Danilo D'Ambrosio.

Barcelona jelas wajib waspada. Selain memikirkan cara untuk tetap tampil tajam meski tanpa Messi, Blaugrana juga mesti menemukan cara untuk meredam potensi bahaya yang bisa dihadirkan Inter dan Icardi. (har)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Pj5sQe

No comments:

Post a Comment