Pages

Saturday, October 20, 2018

Desain Baru Mobilio Sontek Xpander

Jakarta, CNN Indonesia -- Honda Prospect Motor (HPM) bakal kembali menyerang pasar low multi purpose vehicle (MPV) dengan amunisi anyar. Tim pengembangan Honda sekarang tengah bekerja keras merampungkan desain baru Mobilio.

Honda RnD Asia Pacific Tsutomu Harano mengatakan Mobilio terbaru nanti bakal berubah total atau paling tidak menanggalkan karakternya sebagai low MPV berkarakter city car.

Harano menilai karakter yang ada pada Mobilio sekarang sudah kurang cocok bagi masyarakat Indonesia.

"Jadi saya balik tanya, untuk low MPV seperti Mobilio yang agak rendah dan sporty desain. Apa bakal disukai sama konsumen? Dan komentar konsumen memang lama-lama berubah arah (terhadap Mobilio)," kata Harano di Bali, Rabu (17/10).

Harano yang juga menjadi kepala dari tim RnD generasi kedua Brio itu berpendapat kini masyarakat di dalam negeri cenderung menyukai low MPV bergaya sport utility vehicle (SUV). Kesukaan itu dia pantau setelah Mitsubishi Xpander lahir pada tahun lalu.

Sebagai pendatang baru, Xpander menawarkan hal lain dari model-model kawakan low MPV macam Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, termasuk Mobilio. Meski masuk kategori low MPV, Xpander kental unsur SUV.

Xpander punya dimensi tinggi 1.700 mm dengan ground clearance 205 mm. Ukuran itu lebih jangkung dari Avanza setinggi 1.695 mm dengan ground clearance 200 mm serta Mobilio dengan tinggi 1.603 mm dan ground clearance 189 mm.

"(Karakter sekarang) karena pada saat pembuatannya level Mobilio hanya Avanza, atau Suzuki APV. Nah setelah itu malah ada Ertiga dan tiba-tiba Xpander masuk," kata Harano.

Berdasarkan perkembangan kompetisi Harano menyebut Mobilio pada masa depan bakal tampil beda, jadi berkarakter SUV.

"Mungkin, karena kami itu pembuat mobil. Jadi ya kami harus membuat yang menyenangkan semua konsumen kami," ungkap dia.

Walau sudah membuat soal latar belakang desain Mobilio terbaru, Harano masih menutup rapat informasi sejauh mana pengembangannya sudah dilakukan. Dia mengatakan tidak mau berkomentar lebih jauh soal hal tersebut.

"Masih rahasia. Jadi memang seperti Brio series ini kan kami sudah baru. Dan kami sudah rencanakan agar Mobilio ikut di-update juga," kata Harano.

Mobilio diketahui pertama kali meluncur di Indonesia pada 2014 dan baru mengalami penyegaran pada awal 2017 lalu. Untuk kelas Low MPV Mobilio masuk ke urutan ke lima dalam penjualan atau masih di bawah Xpander, Avanza, Ertiga, dan Daihatsu Xenia.

Adapun penjualan Mobilio berdasarkan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selama semester satu 2018 berjumlah 11.718 unit atau paling rendah di antara pesaingnya. Sedangkan Xpander laku 39.948 unit, Avanza 39.455 unit, Ertiga 18.030 unit, serta Xenia 15.164 unit. (ryh/fea)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2P9mkJe

No comments:

Post a Comment