Pages

Friday, October 5, 2018

BNPB Sebut Pasokan BBM ke Palu Sudah Capai 70 Persen

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan pasokan bahan bakar minyak (BBM) ke Palu, Sulawesi Tengah sudah mencapai 70 persen pada hari ketujuh pasca gempa dan tsunami di sana, Jumat pekan lalu. 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kenaikan pasokan BBM di Palu diiringi oleh konsumsi BBM yang sudah menyentuh 350 KL per hari dari kebutuhan normal 400 KL.

"12 dari 17 SPBU sudah beroperasi di Palu," kata Sutopo dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Jumat (5/10).

Jaringan listrik dan suplai bahan bakar di sana juga diklaim sudah mendekati kondisi normal lebih dari 50 persen.

Sutopo menjelaskan kelistrikan di Palu sudah pulih sekitar 65 persen. Hal itu dimungkinkan karena 5 dari 7 gardu induk yang ada di sana sudah berfungsi kembali

"Lima dari tujuh gardu listrik yang mencakup wilayah Palu, Donggala, Sigi, Parigi Moutong sudah beroperasi," ujar Sutopo.

Dari aspek distribusi listrik, kemajuan juga sudah terjadi. Sutopo mengatakan 28 dari 45 penyulang sudah kembali beroperasi. Alhasil BNPB memperkirakan jaringan listrik di lokasi bencana akan pulih 90 persen pada minggu depan.

Dari laporan yang ia peroleh di lapangan, Sutopo menyatakan kegiatan ekonomi mulai bergeliat. Sejumlah toko sudah buka, anjungan tunai mandiri beberapa sudah berfungsi lagi.

Khusus untuk SPBU yang sudah buka, Sutopo mengatakan ada pengawalan. Pembelian BBM masih dibatasi. Untuk kendaraan roda empat hanya boleh membeli paling banyak Rp100 ribu, sementara yang ingin membeli secara perorangan dibatasi hanya satu jeriken berisi 5 liter.

Hal yang sama tampak dari perangkat pemerintahan. Sutopo menyampaikan pegawai negeri sudah diminta masuk kembali.

"Pegawai Pemerintah Daerah Sulawesi Tengah juga diminta tetap masuk agar aktivitas pemerintahan bisa dilakukan, ekonomi lokal juga bisa berjalan," kata Sutopo.

Jumlah korban meninggal dunia akibat gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah per Kamis (4/10) pukul 21.00 WITA mencapai 1.571 orang.

Sutopo merinci korban meninggal dunia di Donggala mencapai 144 orang, Kota Palu 1.352 orang, Sigi 62 orang, Parigi Moutong 12 orang, dan Pasangkayu (Sulawesi Barat) 1 orang.

Adapun korban yang berhasil dimakamkan berjumlah 1.551 jenazah. (bin/wis)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2O4bW5L

No comments:

Post a Comment