Pages

Saturday, October 6, 2018

AS, Jepang bantu Rp57 Miliar bagi Korban Gempa Palu, Donggala

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah AS menggelontorkan US$3,6 juta atau setara Rp54,5 miliar bantuan tambahan bagi korban gempa Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Sejauh ini Negeri Paman Sam telah merogoh kocek US$3,7 juta atau Rp56 miliar untuk penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah yang telah menewaskan lebih dari 1.400 jiwa itu.

Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) menyatakan sedikitnya 2 ribu terpal dari gudang darurat di Dubai dan Malaysia telah dikirim ke Indonesia. Ribuan terpal itu disebutkan mampu memenuhi kebutuhan akan tenda darurat untuk sedikitnya 100 ribu korban.

Selain itu, USAID juga mamaparkan telah mengirim bantuan darurat lainnya seperti selimut, alat kebersihan, dan lampu berbahan bakar tenaga matahari.

"Satu tim ahli bencana dari USAID juga telah berada di Indonesia untuk menganalisis kerusakan pascabencana dan berkoordinasi dengan pihak berwenang setempat dan pemerintah Indonesia," bunyi pernyataan USAID yang diterima CNNIndonesia.com pada Sabtu (6/10).

Selain barang dan dana, AS melalui Komando Militer Kawasan Indo-Pasifik telah mengerahkan tiga pesawat Hercules C-130 ke daerah bencana untuk membantu proses penanggulangan bencana.

"Amerika Serikat selalu mendukung Indonesia dalam masa-masa sulit ini, dan akan terus memberikan bantuan bagi mereka yang terdampak bencana dasyat ini," bunyi pernyataan tertulis itu. 

Selain AS, sejumlah negara sahabat juga telah mengirimkan bantuan berupa pasokan barang, dana dan transportasi berupa pesawat untuk memudahkan pemerintah RI dalam menanggulangi bencana.

Jepang melalui konsul jenderal di Surabaya, Masaki Tani, mengatakan telah mengirim tim penanggulangan bencana ke Palu dan Donggala.

Tani mengatakan negaranya juga telah menyediakan barang bantuan darurat berupa tenda, pemurni air dan pembangkit listrik senilai sekitar Rp3 miliar melalui Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA).

"(Bantuan) ini merupakan respons kami atas kerusakan yang disebabkan bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah sekaligus dalam rangka bentuk rasa kemanusiaan dan hubungan persahabatan antara kedua negara," kata Tani seperti dilansir Antara. (rds)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2zVSLSN

No comments:

Post a Comment