Pages

Wednesday, October 24, 2018

3 Tips agar Investor 'Jatuh Hati' ke Startup

Jakarta, CNN Indonesia -- Chief Investment Officer MDI Ventures Joshua Agusta MDI mengungkap cara menarik perhatian investor bagi perusahaan rintisan.

MDI Ventures merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk yang bergerak pada investasi perusahaan rintisan baik dari sisi operasional maupun finansial.

Menurutnya, salah satu yang dipertimbangkan oleh investor adalah kualitas tim pendiri startup. Joshua mengatakan salah satu kemampuan yang dicari investor adalah CEO perusahaan yang mampu bercerita soal produk ke investor.


"MDI suka CEO yang story telling. Terlepas dari barangnya bagus atau tidak. Anda bisa saja punya barang bagus tapi belum tentu investor percaya kalau anda tidak bisa menceritakan," kata Joshua kepada CNNIndonesia.com di Tech in Asia Jakarta 2018, Rabu (24/10).

Kemampuan itu, katanya, menjadi daya tarik bagi para investor agar mau menanamkan modal.

Kedua,  Joshua mengatakan pihaknya selalu melihat kerja sama yang pernah dilakukan antara anggota para pendiri perusahaan rintisan. Ia menyarankan pendiri perusahaan rintisan bakal lebih baik jika pernah bekerja sama sebelumnya.

Rekam Jejak

Ketiga, Joshua mengatakan jejak rekam pendiri perusahaan rintisan itu tidak bisa menjadi patokan.


"Track record salah satunya, tapi menurut saya tidak menjamin. Yang penting itu mereka pernah kerja bareng atau tidak. Kalau pernah biasanya lebih bagus," kata Joshua.

Terkait dengan dengan Telkom, dia menuturkan, perusahaan rintisan yang juga dinilai adalah bisnisnya yang cocok dengan perusahaan telekomunikasi itu atau tidak.

"Jadi pertanyaan pertama yang kita tanya itu bisnisnya apa. Yang sekarang garis besar kami fit dengan e-commerce enabler seperti logistik, marketing, teknologi, payment. Kemudian financial services, lending," kata Joshua. (jnp/asa)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2yyz7eA

No comments:

Post a Comment