Pages

Sunday, September 30, 2018

Jadi Ketua Kwarnas, Budi Waseso Janji Buat Pramuka Lebih Baik

Jakarta, CNN Indonesia -- Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso terpilih menjadu Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka dalam Musyawarah Nasional (Munas) Ke-X Gerakan Pramuka di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat lalu. Dalam Munas ini, Budi Waseso menggantikan Adhyaksa Dault sebagai Ketua Kwarnas Pramuka.

Setelah terpilih, Budi berjanji akan membangun Gerakan Pramuka menjadi lebih baik lagi.

"Saya sudah diberi amanah menjadi ketua Kwarnas 2018-2023 dan tugas kita bersama adalah membangun pramuka ini lebih baik lagi," kata Buwas, sapaan Budi seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, selama ini Pramuka sudah baik dan akan dibangun menjadi lebih baik lagi.


Ia menegaskan setelah terpilih menjadi ketua Kwarnas maka tidak ada lagi kubu-kubuan berdasarkan kelompok pendukung tiga calon ketua kwarnas yang ikut pemilihan.

"Mari saling rangkul, bersatu membesarkan pramuka, satukan visi misi agar pramuka menjadi lebih besar," katanya.

Budi membantah ada intervensi dalam Munas sehingga dirinya terpilih menjadi Ketua Kwarnas.

"Buktinya pemilihan berjalan lancar dan semua kwarda (kwartir daerah) diberi kesempatan yang sama dan luas untuk menyampaikan pendapat," kata mantan Kepala Bareskrim Polri dan Kepala Badan Narkotika Nasional ini.

Menurutnya, dalam Munas, semua pemegang hak suara diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat maka dugaan intervensi menjadi terbantahkan.

Budi Waseso perpilih menjadi Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka periode 2018-2023 mengalahkan dua pesaingnya, Adhyaksa Dault dan Jana Anggadiredja melalui pemungutan suara.


Pemungutan suara dilakukan karena tidak tercapai mufakat antara tiga kandidat yang dinyatakan lolos sebagai calon ketua kwarnas.

Dari 35 suara yang diperebutkan, Budi Waseso meraih 19 suara, Adhyaksa Dault 14 suara, dan Jana dua suara.

Sebelumnya dalam Munas tersebut terdapat 11 bakal calon ketua kwarnas yang diusulkan oleh kwartir daerah. Tetapi dalam perjalanan, yang lain menyatakan mundur dan ada yang tidak memenuhi syarat.

Salah satu kandidat yang menyatakan mundur adalah Dede Yusuf yang merupakan anggota DPR RI dan juga sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat.


Pemilihan ketua kwarnas kali ini tergolong ketat karena media pun tidak diizinkan meliput dalam ruangan, menunggu ketua terpilih setelah ada hasil pemungutan suara.

Sementara itu Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Niam Sholeh menyampaikan ucapan selamat kepada Budi Waseso yang terpilih sebagai Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka 2018-2023.

"Selamat atas terpilihnya Kak Budi Waseso sebagai Ketua Kwarnas yang baru. Kami berharap akan ada sinergi antara pemerintah dengan Kwarnas Pramuka dalam membangun karakter bangsa melalui Pramuka," kata Niam melalui keterangan tertulis.

Niam juga mengucapkan selamat kepada Gerakan Pramuka yang sudah berhasil melaksanakan Musyawarah Nasional untuk mengoptimalkan peran pramuka dalam pembangunan karakter bangsa.

Menurut Niam, Gerakan Pramuka merupakan salah satu instrumen strategis dalam pembangunan sumber daya manusia unggul, beriman, bertakwa, dan berkarakter. (sur)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2NgwvH2

No comments:

Post a Comment