Pages

Sunday, September 30, 2018

71 WNA Terdampak Gempa Palu-Donggala, 5 Hilang

Jakarta, CNN Indonesia -- Sebanyak 71 warga negara asing (WNA) yang terdampak bencana gempa di kota Palu dan Donggala. Dari total 71 orang ini, 5 WNA hilang dan belum diketahui keberadaannya, sementara 66 lainnya dalam kondisi aman.

Hal ini berdasarkan data BNPB per 30 September 2018 pukul 13.00. Penanganan WNA ini akan dikoordinasi oleh pihak Kementerian Luar Negeri.

"Ada 71 warga negara asing di kota Palu, pemerintah minta evakuasi," tutur Hal ini diungkap Sutopo Purwo Nugroho, Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (30/9).

Dari 5 WNA yang belum diketahui keberadaannya sebayak 3 orang berkewarga negaraan Perancis, 1 WNA Korea Selatan, dan 1 WNA asal Malaysia.

Dari total 71 WNA itu baru 2 WNA asal Singapura dan Belgia yang sudah dievakuasi ke Jakarta.

Sementara 66 WNA lainnya telah dievakuasi. Sebanyak 10 orang WNA asal Vietnam saat ini berada di posko Bandara Mutiara Palu dalam kondisi aman.

Sebanyak 32 WNA Asal Thailand juga berada di Palu, kondisi aman; 21 WNA Tiongkok ada di hotel Best Western Palu. Satu orang WNA asal Jerman dalam kondisi aman di salah satu resort di Donggala,.

"Evakuasi akan dilakukan menggunakan pesawat Herkules. Herkules juga dipake untuk evakuasi PNS yang laksanakan tugas di Palu," lanjut Sutopo.

Korban tewas akibat gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah saat ini mencapai 832 orang. Untuk sementara korban tewas terbanyak di Palu yakni 821 orang. Sementara di Donggala 11 orang.

Jumlah korban tewas ini menurut Sutopo ada kemungkinan akan terus bertambah karena banyak jenazah yang belum teridentifikasi. (eks/eks)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2xMaF95

No comments:

Post a Comment