Pages

Sunday, September 23, 2018

3 Teknik Pengereman Non ABS yang Wajib Diketahui

Jakarta, CNN Indonesia -- Pengereman merupakan faktor penting dalam mengemudi yang berhubungan langsung dengan keselamatan. Mengerem bukan perkara asal injak pedal rem, ada teknik-teknik sederhana yang perlu diketahui pengemudi, terutama untuk kendaraan non Anti-lock Braking System (ABS).

Sistem ABS pada pengereman merupakan fitur yang menjaga agar saat pengereman mendadak, roda tidak berhenti seketika saat mobil masih melaju. ABS mencegah kampas rem terkunci atau menjepit terlalu lama.

Pada pengereman non ABS, tidak ada bantuan teknologi digital. Semuanya mengandalkan sistem mekanis pengereman, sebab itu ketrampilan mengerem sangat diperlukan.  Dijelaskan Astra Daihatsu Motor (ADM), setidaknya ada tiga teknik mengerem untuk kendaraan non ABS.

1. Treshold
Saat mengerem teknik ini dilakukan dengan cara menahan tekanan injak pedal rem sekitar 90 persen. Jangan menghentak atau menginjak dengan kuat rem non ABS sebab roda bisa terkunci dan membuka potensi berbahaya kecelakaan.

Poin pentingnya, saat teknik ini dilakukan pengereman dalam kondisi maksimal, sehingga ban masih bisa dibelokan.

2. Stab
Cara melakukannya dengan cara menekan pedal rem, lepaskan, kemudian tekan kembali. Mengerem seperti itu dilakukan cepat dan berulang untuk mengurangi kecepatan.

Teknik seperti ini dikatakan selain mengurangi kecepatan berkendara juga mampu mencegah ban terkunci.  Pengereman ini bagus dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan tromol (drum brake).

3. Squeeze
Teknik ini hamper mirip dengan Stab, namun bedanya saat mengerem dilakukan lebih perlahan.

"Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat," jelas Ben Faqih, Executive Coordinator People Development Department - CSVC Division ADM. (fea)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2xxHJlb

No comments:

Post a Comment