Pages

Saturday, February 16, 2019

Terpilih Secara Aklamasi, Panglima TNI Jabat Ketua Umum FORKI

Jakarta, CNN Indonesia -- Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto terpilih sebagai Ketua Umum Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) menggantikan Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo.

Hadi terpilih secara aklamasi dalam kongres ke-15 FORKI di Jakarta, Sabtu (16/2). Ketua Pimpinan Sidang FORKI Herman Muchtar mengatakan selama kongres hanya ada satu calon pengganti Gatot yang diajukan, yaitu Hadi.

Nama Hadi diusulkan 26 Pengurus Provinsi (Pengprov) dan 17 perguruan karate anggota FORKI. Herman mengatakan selama kongres yang diselenggarakan sejak kemarin, Jumat (15/2), hampir seluruh peserta setuju Hadi memimpin Forki. Persentase dukungan dari peserta kongres terhadap Hadi menjadi Ketua Umum FORKI masa jabatan 2019-2013 mencapai 79,5 persen.

"Jadi yang mengusulkan mereka semua dan calonnya hanya Pak Hadi. Ini aklamasi dan ketentuan dari aturan kami (FORKI) kalau dukungan lebih 50 persen, dinyatakan sah pak Hadi jadi ketua baru," kata Herman.

Panglima TNI Hadi Tjahjanto menggantikan Gatot Nurmantyo di FORKI.Panglima TNI Hadi Tjahjanto menggantikan Gatot Nurmantyo di FORKI. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Hadi sendiri tidak hadir dalam Kongres hari ini. Herman mengatakan Hadi mendadak berhalangan hadir karena mendapat tugas dari Presiden Joko Widodo. Pengukuhan Ketua Umum FORKI baru sekaligus penutupan kongres bakal digelar besok pagi, Minggu (17/2).

"Pak Hadi mendadak batal hadir karena tugas beliau. Jadi acara dilanjutkan besok pagi," kata Herman.

Sementara itu Wakil Ketua Pimpinan Sidang Basiruddin mengatakan Hadi menjadi calon tunggal karena ada surat resmi yang menyatakan bahwa Panglima TNI itu siap memimpin FORKI.

"Jadi Pak Hadi menyatakan siap lewat surat tersebut," kata Basiruddin. (ryh/har)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2BG04Pg

No comments:

Post a Comment