Pages

Saturday, December 1, 2018

Reuni 212, Liqo dan Lantunan Tadarus dari Koridor Istiqlal

Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu Koridor Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat terlihat sedikit ramai, Sabtu (1/12) sore ini. Meski tak signifikan, ada aktivitas tadarusan yang meningkat dibanding kemarin. Hari ini jelang Reuni 212.

Sebagian para pengunjung masjid lainnya melakukan liqo (dalam bahasa Indonesia disebut melingkar), mendengarkan tausiah dari salah satu ustaz di antara mereka. Ada juga yang sekadar duduk-duduk, mengambil potret dirinya dan teman-temannya di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

Sabtu ini merupakan H-1 jelang puncak acara Reuni 212 yang akan digelar tak jauh dari sana, di Monumen Nasional besok. Namun di Istiqlal sore ini, tidak terlihat pengunjung yang mengenakan atribut sebagai 'dress-code'.

Untuk diketahui, Panitia Reuni Aksi 212 sebelumnya telah menyampaikan maklumat, meminta peserta mengenakan pakaian berwarna putih-putih untuk laki-laki dan putih-hitam untuk perempuan.

"Enggak sekarang lah. Kan ada juga yang baru pada sampai. Besok itu baru (kita pakai baju hitam dan putih," ujar Risna, salah satu anggota organisasi Gerakan Ukhuwah Islamiyah dan Hijrah (GUIH) kepada CNNIndonesia.com.


Risna bersama teman-temannya dari GUIH adalah salah satu dari sedikit pengunjung masjid Istiqlal yang terlihat sebagai peserta aksi besok. Ia duduk di koridor bersama enam teman lainnya dan terlihat sedang mempersiapkan stiker dan pin berlambang organisasi GUIH.
Reuni 212, Liqo dan Lantunan Tadarus dari Koridor IstiqlalMemori Aksi 212 menjadi spirit para alumni untuk kembali uikut Reuni. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Risna mengungkapkan motivasi dia dan organisasinya ikut aksi. Semata-mata, kata dia, memperkuat rasa persaudaraan sesama pemeluk agama Islam.

"Niat di luar itu enggak ada sih. Dan kita hanya ingin menjaga semangat itu. Enggak ada niat macem-macem," ujarnya.

Kata Risna, GUIH berawal dari grup di media sosial WhatsApp yang kemudian berkembang merekrut anggota-anggota dari daerah lain.

"Kami bukan gerakan. GUIH ini tadinya gerakan grup WA dulu. Kemudian teman-teman berkumpul ke leader-nya akhirnya rencana cari teman-teman dari daerah lain," kata dia.

Risna menjelaskan organisasi tersebut fokus pada pengajaran agama bagi anggota yang merasa kurang mengerti dengan ajaran agama Islam. Selain itu, karena organisasi tersebut berbasis media sosial, ia dan teman-temannya datang dari daerah berbeda di Indonesia.


Di antara keenam teman Risna ada yang datang dari Bandung dan Nusa Tenggara Timur. Ia mengatakan juga senang akan reuni aksi tersebut. Selain itu antusiasme teman-teman Risna juga dinilai besar.

"Seneng sih ya ini kan reuni ketemu teman-teman lagi. Teman-teman juga sangat senang," ujar Risna.

Waktu menunjukkan sekitar pukul 15.30 WIB, azan asar berkumandang. Masjid Istiqlal kembali dipenuhi orang-orang yang datang untuk salat asar. Risna mengatakan setelah salat ia dan temannya akan turun ke Monas untuk mempersiapkan posko yang diperlukan di aksi reuni besok. (ani/ain)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2Skw3du

No comments:

Post a Comment