Pages

Tuesday, November 27, 2018

Soal Sanksi Boeing, Menhub Masih Tunggu Rekomendasi KNKT

Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi masih menunggu rekomendasi dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) terkait pengenaan sanksi terhadap Boeing Airplanes selaku produsen pesawat udara tipe Boeing 737 Max 8.

Boeing 737 Max 8 merupakan tipe pesawat yang digunakan penerbangan Lion Air JT-610 yang mengalami kecelakaan pada akhir Oktober lalu.

"Nanti kami lihat rekomendasi KNKT seperti apa," ujar Budi usai menghadiri Forum Komunikasi Kelitbangan di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa (27/11).


Terkait bentuk sanksi Budi belum bisa membeberkan. Pasalnya, jenis sanksi yang dijatuhkan juga harus menunggu hasil investigasi KNKT.

"Belum tahu bentuknya (sanksi) tunggu rekomendasi KNKT," ujarnya.

Sebelumnya, Budi telah menerbitkan Instruksi Menteri Perhubungan Nomor 18 Tahun 2018 tentang Peningkatan Keselamatan Penerbangan.


Dalam instruksi tertanggal 5 November tersebut, Budi telah memerintahkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana Banguningsih Pramesti untuk segera mengambil langkah pengenaan sanksi kepada pihak-pihak yang terkait dalam kecelakaan naas tersebut.

Selain Boeing Airplanes, Kemenhub juga akan mengenakan sanksi kepada PT Lion Mentari Airlines dan personil penerbangan yang terkait langsung dengan kecelakaan pesawat Lion Air itu.

Selain Boeing Airplanes, Budi juga memerintahkan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara dan Inspektur Penerbangan untuk segera memeriksa dokumen dan kompetensi personil.

(sfr/lav)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2r6aYYL

No comments:

Post a Comment