Pages

Sunday, October 14, 2018

Siasat Mudah Jaga 'Coating' Bodi Mobil Tetap Mengilap

Jakarta, CNN Indonesia -- Coating atau lapisan bodi berbahan tertentu berguna untuk menjaga mobil tetap kinclong. Namun perlu diketahui pemilik, coating punya batas usia jadi perlu dipelihara.

Pada umumnya ada tiga guna coating, yaitu untuk menjadikan bodi mobil anti air (water repellent), tahan gores, dan mengilap lebih lama. Peran coating bakal berkurang seiring pemakaian mobil, namun ada juga beberapa faktor yang membuatnya khasiatnya lebih cepat habis.

Presiden Direktur Makko Group Christopher Sebastian yang baru saja memperkenalkan merek coating Topcoat menjelaskan, salah satu syarat penting mempertahankan kilap coating yakni mengurangi pencucian mobil menggunakan sampo.

"Jangan mencuci mobil dengan sampo yang PH (derajat keasaman) tinggi atau di atas 12. Kalau bisa di bawah 10. Mencuci menggunakan sampo itu sebaiknya sekali sepekan saja, kalau sehari-hari bisa pakai air saja," ucap Christopher belum lama ini.

Hal lain yang perlu diperhatikan, jelas Christopher, yaitu mengurangi pemakaian lap plas chamois atau yang dikenal kanebo. Menurut dia, sulit menemukan plas chamois berkualitas saat ini selain itu juga dikatakan kebiasaan pemakaian orang Indonesia memakai plas chamois jorok karena dicampur pemakaiannya untuk kaki-kaki dan bodi.

"Yang benar itu menggunakan lap microfiber. Harus punya dua, untuk atas (bodi) dan bawah (kaki-kaki). Bawah itu lebih kotor, kalau lap sama nanti bodi bisa gores," jelas Christoper.


Air Musuh Coating

Dijelaskan juga, pemilik mesti rajin membersihkan bodi setelah terkena air, misalnya hujan atau embun. Menurut Christopher, yang jahat itu air karena bila tidak dibersihkan bakal mengendap dan menjadi bercak mineral atau sering dikatakan orang berjamur.

"Coating ini intinya kan anti air. Jadi yang jahat itu air, kalau kotoran itu lumrah dan tidak bikin cat kusam. Justru air yang menjadi deposit mineral," papar Christopher.

Topcoat dikatakan memberikan garansi coating dua sampai tiga tahun, dengan jadwal perawatan rutin setiap enam bulan sekali. Pemilik dikatakan mesti memperhatikan layanan tambahan itu dari penyedia coating sebelum memutuskan untuk menggunakannya. (fea)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2IUgiGT

No comments:

Post a Comment