Pages

Wednesday, October 24, 2018

RI Perlu Pertajam Perencanaan Pembangunan Pelabuhan

Batam, CNN Indonesia -- Asosiasi Global untuk Infrastruktur Transportasi Kemaritiman (PIANC) menilai Indonesia perlu meningkatkan ketajaman dalam perencanaan pelabuhan, khususnya pada pembangunan pelabuhan berskala besar.

Wakil Ketua PIANC Indonesia Ade Darmawan menjelaskan untuk meningkatkan kemampuan dalam perencanaan tersebut, Indonesia perlu belajar dan bekerja sama dengan negara-negara atau pihak lain yang berpengalaman.

"Kami coba diskusikan dan latih di sini (pelatihan PIANC Indonesia). Mudah-mudahan bisa nambah pengetahuan kita semua termasuk saya biar nanti ke depannya perencanaan lebih baik," ujar Ade di Batam, Rabu (24/10).


Guna meningkatkan kemampuan perencanaan di bidang kepelabuhan tersebut, menurut Ade, pihaknya kini tengah menggelar pelatihan bagi profesional di bidang kemaritiman. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para profesional bertukar pengetahuan dan pengalaman seputar perencanaan pembangunan infrastruktur pelabuhan.

"Acara ini bertujuan untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman. Saya melihat salah satu aktifitas penting di bidang kami adalah mengenai perencanaan pelabuhan," terang Ade.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya mengundang dosen Universitas Teknologi Delft, yakni Han Ligteringen. Han adalah seorang akademisi dan profesional yang sudah malang melintang di dunia kemaritiman.

Selain itu, pelatihan ini juga akan diisi oleh Director Project and Senior Consultant Royal HaskoningDHV Ronald Stive dan Principal Engineer of Critical Projects OMC International Laurence Benn.

Lebih lanjut, Ade memaparkan pelatihan tersebut dilaksanakan dengan matang. Ia mengklaim pihaknya sudah memetakan sejumlah hal yang perlu diketahui oleh para peserta pelatihan.


Beberapa materi pelatihan, di antaranya mengenai tata cara penyusunan rencana induk pelabuhan, keberlanjutan dalam perencanaan pelabuhan, dan desain alur pelayaran pelabuhan.

Di akhir pelatihan itu, peserta juga akan diajak untuk mempraktikkan semua materi yang sudah diberikan oleh para narasumber melalui studi kasus.

"Jadi semua materi disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan pelabuhan di Indonesia, mudah-mudahan pengetahuan yang didapat akan berguna bagi praktisi di bidang pelabuhan," jelasnya. (panji/agi)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2yXCviE

No comments:

Post a Comment