Pages

Monday, October 1, 2018

Prihatin Bencana Gempa, Sandiaga Tunda Kampanye di Sulawesi

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyatakan telah menunda rencana kunjungannya buat berkampanye ke daerah Sulawesi, pada pekan ini. Hal ini dilakukan Sandi sebagai salah satu bentuk sikap prihatin terhadap korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, hingga Mamuju Sulawesi Tengah, terjadi pada Jumat (28/9) pekan lalu.

"Kami suspensi kegiatan kampanye saya di Sulawesi yang rencananya minggu ini untuk hormati rekan-rekan yang sedang berduka di Sulteng, suspensi ini sementara untuk menunggu keadaan selanjutnya," kata Sandi saat ditemui di Philantropy Building, Jakarta Selatan, Senin (1/10).


Sandi mengatakan, jika dia memaksa datang ke lokasi kejadian dipastikan justru malah akan memberatkan beban para relawan atau tim di sana yang memang dalam keadaan serba terbatas. Penundaan ini pun kata Sandi belum bisa dipastikan hingga kapan.

"Saya datang (ke sana) justru akan memberatkan teman-teman yang lagi bantu di sana. Akses menuju daerah bencana sangat terkendala baik dari Selatan maupun Utara. Penerbangan juga sangat terbatas," kata dia.

Penundaan kampanye di Sulawesi pun kata Sandi tak terlepas dari nasihat Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang telah meminta kepada para paslon agar tak melakukam kampanye di daerah bencana. Tentunya kata Sandi, nasihat tersebut baik dilakukan karena kampanye malah akan memberatkan warga yang kini sedang berduka.

"Jadi saya setuju dengan Pak SBY untuk menunda (kampanye) usulan beliau sangat sepakat untuk kami, karena kampanye ini bisa memicu ya, jadi suspensi dulu sementara," kata dia.

"Sampai kapan? Ya kami belum tahu tapi saya sudah berkoordinasi dengan semua relawan di Sulawesi bahwa kegiatan di suspend dulu," katanya.


Dikonfirmasi terpisah, Juru Bicara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade, mengatakan imbauan dari SBY untuk menghentikan sementara kampanye di Sulteng adalah hal yang positif. Oleh karena itu, sambungnya, pihaknya pun memutuskan imbauan dari Ketum Partai Demokrat itu.

"Bagaimana masyarakat mengurangi kesulitan yang mereka hadapi. Kami setuju apa yang disampaikan Pak SBY," ujar Andre kepada CNNIndonesia.com, Senin (1/10).

Andre menyatakan Tim Prabowo-Sandi pun telah mengirimkan relawan dan bantuan untuk korban gempa serta tsunami di Palu dan Donggala. Para relawan Tim Prabowo-Sandi, kata Andre telah berada di lokasi bencana untuk menolong masyarakat setempat.

"Seluruh pendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi sekarang sudah terjun memberikan bantuan. Kami kirimkan bantuan kepada saudara kami yang ada di Palu," kata dia.

Meskipun demikian, Andre belum mengetahui apakah Prabowo maupun Sandi bakal mengunjungi korban gempa serta tsunami di Palu dan Donggala. Menurutnya, Prabowo dan Sandi menunggu kondisi di lokasi kondusif lebih dahulu.

"Hanya memang kalau kamu ke sana takutnya disebut mempolitisasi. Yang pasti bantuan dari koalisi Pak Prabowo-Sandi sampai," ujarnya.

(fra/ayp)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2xSQPJo

No comments:

Post a Comment