Pages

Saturday, October 6, 2018

Lalu Lintas Kota Palu Berangsur Pulih Pascagempa dan Tsunami

Jakarta, CNN Indonesia -- Situasi lalu lintas di Kota Palu, Sulawesi Tengah berangsur pulih pada Minggu (7/10) pagi. Sejumlah polisi lalu lintas sudah terlihat bertugas di persimpangan jalan dan mayoritas lampu lalu lintas juga mulai menyala.

Personel polisi lalu lintas yang bertugas pun sudah nengenakan rompi berwarna hijau khas pakaian dinas mereka.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan tim asistensi dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri telah diterjunkan bersama personel gabungan dari Polda Sulawesi Tengah dan sejumlah polres di wilayahnya untuk mengatur arus lalu lintas di Palu.


Fokus saat ini, menurutnya, adalah memberikan imbauan seputar keamanan, keselamatan, ketertiban, serta kelancaran arus lalu lintas.

"Tim asistensi Korlantas telah tiba, digabung dengan kekuatan 41 personel dari Polda Sulawesi Tengah, Polres Palu 26 personel, Polres Ampana empat personel, Polres Parimau 10 personel, Polres Poso 20 personel," kata Dedi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (7/10).

Dia menambahkan, penerjunan personel polisi lalu lintas ini dilakukan setelah apel dilaksanakan di Markas Polres Poso, Sulawesi Tengah pada pukul 08.00 WITA.

Kondisi lalu lintas Palu berangsur membaik setelah sebelumnya terlihat semrawut sampai Jumat (5/10) lalu atau hari ke tujuh pascabencana gempa dan tsunami. Berdasarkan pantuan CNNIndonesia.com, saat itu sejumlah lampu lalu lintas di sejumlah perlintasan jalan terlihat belum menyala.

Polisi pun terlihat masih 'membiarkan' para pengendara kendaraan bermotor untuk berkendara melanggar aturan lalu lintas seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, atau tidak menyalakan lampu sepeda motor di siang hari.

Di sejumlah persimpangan jalan pun tidak terlihat aparat kepolisian yang mengatur arus lalu lintas untuk mencegah kecelakaan atau kemacetan terjadi.


Ketika disinggung tentang hal tersebut, Dedi mengatakan ketiadaan pakaian dinas menjadi alasan tidak ada polisi lalu lintas yang bertugas di persimpangan jalan di Palu.

Menurutnya, masalah ini telah disampaikan ke Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan anggota polisi lalu lintas di Palu akan segera dikirimkan pakaian dinas.

"Salah satu masalah kenapa anggota lalu lintas tidak bisa ditampilkan di perlintasan karena sebagian besar baju hilang, saya sudah sampaikan ke Kapolri dan kami akan segera mengirimkan baju anggota polisi lalu lintas," kata Dedi kepada CNNIndonesia.com, Jumat (5/10).

Menurutnya, anggota polisi lalu lintas tak memiliki alasan untuk tidak mengatur arus lalu lintas di Palu setelah pakaian dinas tersebut dikirimkan. Dia memperkirakan, anggota polisi lalu lintas sudah mulai bertugas pekan depan. (mts/chs)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2QAVZ3T

No comments:

Post a Comment