Pages

Tuesday, May 21, 2019

Ketum Partai Koalisi Bergantian Ucapkan Selamat ke Jokowi

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Kerja secara bergantian bertemu dengan Presiden Joko Widodo di ruang kerja presiden, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/5).

Para ketua umum partai ini diterima satu per satu oleh Jokowi. Mereka menggelar pertemuan tertutup dengan Jokowi.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadi yang pertama bertemu dengan Jokowi. Megawati mengaku mengajak Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno untuk memberi selamat ke Jokowi usai pengumuman KPU.

"Makanya saya ajak Pak Try, untuk ayok Pak bareng-bareng kasih ucapan selamat supaya kita nomor satu. Jangan yang lainnya dulu," ujar Megawati di Istana Merdeka, Jakarta.

Selepas Megawati dan Try, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartato diterima oleh Jokowi. Airlangga langsung masuk ke ruang kerja Jokowi. Mereka melakukan pembicaraan tertutup.


Usai pertemuan, Airlangga mengatakan dirinya memberi ucapan selamat kepada Jokowi yang unggul usai penetapan rekapitulasi suara oleh KPU dini hari tadi. Ia juga menyampaikan Partai Golkar menjadi pemenang kedua Pemilu 2019.

"Dan bapak presiden mengucapkan selamat kepada Partai Golkar," kata Airlangga.

Setelah Airlangga, giliran Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang bertemu Jokowi. Pertemuan Cak Imin dengan Jokowi juga berlangsung tertutup di ruang kerja presiden.

Cak Imin mengaku mengucapkan terima kasih kepada Jokowi yang mendapat suara terbanyak berdasarkan hasil rekapitulasi suara KPU. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin pun telah dinyatakan unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


"Kami bersyukur dan mengundang beliau di syukuran acara PKB dan NU," ujarnya.

Selepas Cak Imin, giliran Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa yang diterima Jokowi di ruang kerjanya. Sama seperti para ketua partai lainnya, pertemuan Jokowi dengan Suharso berlangsung tertutup.

Suharso juga mengaku mengucapkan selamat kepada Jokowi. Setelah itu, Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) diterima Jokowi. Mereka juga melakukan pertemuan tertutup. HT juga mengucapkan selamat kepada Jokowi.

Usai HT, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) yang selanjutnya diterima Jokowi. Sama seperti para ketua lainnya, OSO juga mengucapkan selamat dan sembari bercerita dengan mantan gubernur DKI Jakarta itu.


Setelah OSO, berturut-turut Ketua Umum PSI, Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, dan Ketua Umum PKB Yusril Ihza Mahendra diterima Jokowi di ruang kerjanya. Hanya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang tak hadir. Paloh disebut masih berada di luar negeri.

Ucapan selamat para ketua umum partai koalisi dilakukan setelah KPU menetapkan rekapitulasi suara pemilihan presiden dan pemilihan legislatif dalam Pemilu 2019. Jokowi-Ma'ruf ditetapkan unggul dari Prabowo-Sandi.

Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 suara sah atau setara dengan 55,50 persen dari total suara sah di Pilpres 2019 sebanyak 154.257.601 suara. Sementara Prabowo-Sandi mendapat 68.650.239 suara sah. Dengan kata lain, Paslon 02 meraih 44,50 persen dari total suara sah. (fra/sur)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping http://bit.ly/2YMIbYf

No comments:

Post a Comment