Pages

Tuesday, April 2, 2019

Peringatan Isra Mi'raj di Monas, Kereta ke Gambir Direkayasa

Jakarta, CNN Indonesia -- Majelis Rasulullah SAW akan menyelenggarakan acara Tabligh Akbar Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1440 Hijriah di Monumen Nasional (Monas) pada hari ini, Selasa (2/4) pukul 19.30 WIB.

Dewan Syuro Majelis Rasulullah SAW, Habib Nabiel Almusawa, mengatakan peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad ini merupakan momentum penting bagi umat Islam, mengingat dari peristiwa inilah turun perintah salat lima waktu kepada Nabi Muhammad dan umatnya.

Selain itu, menurut dia, momentum ini juga dapat digunakan untuk mempersatukan ulama, pejabat, dan rakyat Indonesia untuk berdoa bersama bagi kebaikan bangsa serta menghindari isu-isu sensitif dalam tahun politik.

"Kita ingin mengajak ulama, pejabat negara dan rakyat bersatu dalam satu naungan (Isra Mi'raj), berdoa untuk kebaikan bangsa. Selain itu, kita serukan kepada jamaah, untuk saling menghargai pilihan politik masing-masing, dan hindari perpecahan untuk menjaga kedaulatan NKRI," ucap Habib Nabie dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa ((2/4).


Dia pun menyebutkan sejumlah tokoh nasional akan hadir dalam acara ini antara lain Al Habib Salim bin Umar bin Hafidz, Gubernur DKI Anies Baswedan, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono, Dewan Syuro dan Dewan Guru Majelis Rasulullah SAW, sejumlah duta besar negara-negara Islam, hingga ulama, habaib, serta pejabat negara lainnya.

PT KAI Atur Pola Khusus

PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional (KAI Daop) 1 Jakarta pun melakukan pengaturan pola operasi khusus untuk sejumlah keberangkatan kereta api jarak jauh dari Stasiun Gambir, guna mengantisipasi kegiatan masyarakat di wilayah Monas dan memberikan kemudahan untuk pengguna jasa.

Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan pengaturan pola operasi tersebut dilakukan pada 16 nomor kereta api jarak jauh yang berangkat dari Stasiun Gambir juga akan berhenti secara khusus di Stasiun Jatinegara untuk melayani pengguna jasa.


Dengan pengaturan pola operasi khusus ini, lanjutnya, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari risiko kemacetan yang mungkin terjadi akibat pengalihan arus lalu lintas menuju Stasiun Gambir dan memiliki pilihan untuk dapat berangkat dari Stasiun Jatinegara.

"Biasanya kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari ini akan berhenti di stasiun Jatinegara untuk proses naik turun penumpang. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir, mereka bisa mencari alternatif dengan rekayasa pola operasi ini," ucap Eva

Dia menerangkan, pengaturan ulang pola operasi untuk 16 nomor kereta api ini berlaku mulai dari keberangkatan Kereta Api 26 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 15.30 WIB sampai dengan Kereta Api 7098 (Argo Parahyangan Tambahan) keberangkatan pukul 23.00 WIB.


Menurut Eva, pengaturan ulang pola operasi ini tidak akan berjalan dengan baik bila tanpa kerja sama dengan calon penumpang. Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya mengimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperkirakan waktu keberangkatan kereta apinya, sehingga tidak tertinggal.

Selain itu, para calon penumpang kereta api juga dapat mengetahui informasi perjalanan kereta api lewat contact center 121 atau KAI121 di akun media sosial resmi di Instagram, Twitter dan Facebook.

[Gambas:Video CNN] (mts/DAL)

Let's block ads! (Why?)

from CNN Indonesia kalo berita gak lengkap buka link di samping https://ift.tt/2CRSj9w

No comments:

Post a Comment